Berita, Kampus, Pekalongan

UKM/UKK lakukan Open Recruitment lebih Awal

Foto by Daniel Alif

lpmalmizan.com- Organisasi Mahasiswa (Ormawa) IAIN Pekalongan membuka Pendaftaran Anggota Baru (PAB) sebelum pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK). Hal tersebut dikarenakan tidak ada koordinasi antara Ormawa dan Panitia Pelaksana PBAK 2021. Berbeda dengan tahun 2020 yang dilakukan secara serentak dan terkoordinasi. Sehingga UKM/ UKK menentukan waktu PAB secara mandiri.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ragita Anggriatna Putra, selaku Wakil Ketua UKM Teater Zenith.  “Kita peduli terhadap mahasiswa baru yang akan mendaftar di UKM UKK, karena sejauh ini bahkan banyak mahasiswa baru yang kebingungan terkait sistem PBAK, oleh karena itu kita sepakati untuk membuka start pendaftaran Ormawa lebih awal sebelum PBAK berlangsung,” tuturnya saat temui di Sanggar Teater Zenith. Senin, (30/8/2021)

Menurut dia, selain kurangnya ruang bagi Ormawa dalam PBAK tahun ini, melihat PBAK tahun kemarin yang dirasa masih kurang efektif bagi Ormawa. “PBAK tahun lalu promosi Ormawa itu hanya sekedar video profil, yang dimana vidionya itu berdurasi antara 2-3 jam, dan diletakan di tengah-tengah sesi, sehingga memungkinkan video profil itu tidak akan dilihat oleh mahasiswa karena bisa saja ditinggal tidur, apalagi hal tersebut hanya dijadikan sebagai syarat untuk mendapatkan sertifikat PBAK.” Imbuh Ragita menjelaskan terkait sistem PBAK tahun lalu.

UKM/UKK mulai melakukan promosi untuk menarik minat mahasiswa, meliputi posting pamflet dan video melalui akun sosial media masing-masing. Alur dari proses PAB tahun ini berbeda-beda untuk waktu mulai PAB dari setiap UKM/UKK. Seperti dipaparkan oleh Sosro, Pengurus UKM Gemalwa yang sudah menyebarkan info pendaftaran seperti pamflet di media sosialnya Gemalawa mulai tanggal 26 Agustus.

“DEMA-I memberi arahan kepada kita disuruh waktu oprec ketua umumnya ada sambutan tanggal 4,5,6, pengenalan terkait UKM sama setor video dan setor pamflet jadi dishare disosialisasikan sama Dema-I,” papar Sosro kepada Al-Mizan. Sabtu, (28/08)

Namun, ketika kami ingin meng konfirmasikan hal tersebut kepada Ketua Dema-I, Riril Widi Handoko tidak bersedia diwawancarai, dan mengarahkan Al-Mizan untuk wawancara ke Ketua Pelaksana dan Kabiro AUAK. Sabtu, (28/08).

Ika, salah satu panitia open recruitment dari UKM Kordaisnusa mengatakan bahwa mereka telah menyiapkan pamflet, video pengenalan dan juga souvenir sebagai bentuk kenang-kenangan untuk pendaftar.

“Kami menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk Penerimaan anggota baru, seperti brosur open recruitment, souvenir, video pengenalan UKM Kordaisnusa dan sebagainya untuk menarik minat pendaftar yang sebelumnya telah dibentuk panitia dan beberapa penanggungjawab untuk menangani beberapa hal tersebut,” paparnya.

Reporter : Fatmawati, Nazira Laela Nasta

Editor : Arif Sopan

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>