Tentang LPM Al-Mizan

 

Salam Pers Mahasiswa!!!

Bila mulutmu dibungkam, angkat penamu!

Kami hanyalah segelintir orang dari ribuan mahasiswa IAIN Pekalongan yang dengan beraninya menamai diri sebagai ‘pejuang pena’. Dengan mengusung slogan “Pengemban Cita Kebenaran dan Keadilan”, kami bergerak, berjuang dan berkarya untuk mengemban misi suci ini. Kami berperan untuk meyalurkan aspirasi mahasiswa, menyuarakan gagasan mereka, dan mendedikasikan diri untuk menjadi pelopor perubahan melalui tulisan.

Dua puluh tiga tahun Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan berdiri di kampus Rahmatan lil’alaimin, Dua puluh tiga tahun pula kami berusaha mengembalikan peran mahasiswa sebagai Agent of Change. Tentunya bukan lagi untuk menumbangkan rezim orde baru melainkan untuk mengembalikan semangat yang dulu. Semangat untuk perubahan dan untuk mengalahkan musuh kita bersama yaitu korupsi, kemiskinan dan pembodohan yang masih melanda negeri ini.

Untuk menumbuhkan mahasiswa sebagai Agent of Change tentunya tidak mudah, melihat kondisi mahasiswa sekarang yang lebih kebanyakan berfikir pragmatis, akademik midig, dan populis. Kenyataannya mereka lebih suka hal-hal yang bersifat instan dan berfoya-foya tanpa dapat melihat fenomena sosial dari akibat apa yang telah dilakukannya. Terus bagaimana kita bisa memberi perubahan? Di sini kekuatan dan pikiran  kita diuji. Dari hal-hal tersebut kami hadir sebagai media alternative sebagai peran kami untuk menumbuhkan kembali semangat yang digembar-gemborkan mahasiswa sebagai Agent of Change.

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan masih satu-satunya LPM yang ada di kampus Rahmatan lil A’lamin ini. Sejak berdirinya STAIN Pekalongan pada tahun 1997 yang dulu adalah fakultas syari’ah IAIN Walisongo Semarang. Dengan surat keputusan pendirian Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan dengan nomor SK : ST/23/K-0?pp.009/333/1997.

  • Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan Di Ruang Nasional

Di ruang Nasional, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan juga memiliki andil yang cukup besar, terbukti dengan bergabungnya LPM Al-Mizan dengan Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) dan menjadi deklarator lahirnya Perhimpuan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Kota Pekalongan, yang meliputi beberapa LPM di berbagai perguruan tinggi yang ada di eks-Karasdenan Pekalongan pada tanggal 2 juni 2013.

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan merupakan salah satu organisasi intra kampus di IAIN Pekalongan yang akrab dengan dunia Jurnalistik yang meliputi penulisan berita, artikel, opini, karya sastra, karya ilmiyah, pengelolaan web dan blog, fotografi, desain grafis dan lain-lain. Diantara karya-karya yang rutin kami publikasikan yaitu Majalah AL-MIZAN yang lebih sering dikenal jargonnya yaitu “Pengemban Cita Kebenaran dan Keadilan”, Buletin Suara Mahasiswa yang juga memiliki jargon yaitu “Media Pemersatu Mahasiswa”, dan Buletin Sastra GIE atau lebih dikenal dengan “Gerakan Insan Ekspresif”, serta memberikan informasi terkini melalui portal website lpmalmizan.com.

  • Sistem Pengkaderan dan Pengembangan Kader

Dengan sistem pengkaderan yang menyenangkan dan kurikulum yang berjenjang kami setiap tahunnya dapat mengkader anggota yang kompeten. Terbukti dengan Output dari kami telah berhasil menjadi seorang penulis profesional, baik di media cetak maupun elektronik.

Rutinitas yang kami jalankan di organisasi diantaranya penugasan pencarian berita, baik di dalam kampus atau di luar kampus, diskusi mingguan, pelatihan keterampilan seperti desain grafis dan fotografi.

Demikian sekilas profil Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan. Bagi  kalian teman-teman mahasiswa baru dan lama kini saatnya kalian bergabung bersama kami di Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan dengan cara datang langsung ke Sekretariat kami Graha Mahasiswa Lt 2 IAIN Pekalongan. Atau daftarkan langsung di stand kami pada saat PBAK berlangsung. Atau hubungi kami melalui direct-message Instagram @lpmalmizan

Salam Pers Mahasiswa!!!

STRUKTUR KEPENGURUSAN

LEMBAGA PERS MAHASISWA (LPM ) AL- MIZAN

IAIN PKALONGAN

TAHUN 2021

MPP            : 1) Muhammad Wilyaksana         2021116327

                       2) Muhammad Arsyad                2042116002

                       3) Dian Paramesty Ken Utami     3417026

                       4) Prasetyo Aji                               3417006

                       5) Khikmatun Nazillah                 3118010

Pimpinan Umum    : Arif Sopan                     3418074

Sekretaris Umum   : Ahmad Masruri           3418054

Bendahara Umum  : Puput Lidya Sari          4117177

 

BIDANG REDAKSIONAL LEMBAGA PERS MAHASISWA (LPM) AL- MIZAN

Pemimpin Redaksi  : Daniel Alif  3418042

Redaktur Pelaksana Majalah Al – Mizan

Winda Luthfia                             4118222

Diah Ayu Setiyawati                   3419109

 

Redaktur Pelaksana Buletin Suara Mahasiswa

Erna Hidayah                              3419084

Muhammad Labidun Nufus       3418039

Redaktur Pelaksana Buletin Sastra Gie

Rofita Ningsih                             3418110

Aisa Khumairoh                         3419069

Redaktur Pelaksana Media Online

Rumaisah                                    1219120

Siti Nureliza                                3418041

Layouter

Nabila Farah Hanan                   2219035

Rudi Abidin                                 3419133

BIDANG KEORGANISASIAN LEMBAGA PERS (LPM) AL-MIZAN

Ketua Keorganisasian : Nur Hidayah         2519070

 

Divisi Kaderisasi

Fitri Indriana       3417082

Miftahur Rizqi      2119149

Lailatuz Zahro     3419098

Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang)

Nur Khafidin               1117040

Khoirotul Hidayah      4318069

Divisi Perusahaan

Shello Bondowoso        3419090

Mulyati                         3417075

 

LOGO LEMBAGA PERS MAHASISWA (LPM) AL-MIZAN IAIN PEKALONGAN