Berita, Kampus, Pekalongan

PBAK 2021 Tidak Dibubarkan

lpmalmizan.com- Berita Acara Rapat Internal terkait rencana pembubaran kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) yang diedarkan Senat Mahasiswa (SEMA-I) IAIN Pekalongan pada Sabtu, 04 September 2021 telah direspon oleh panitia PBAK 2021. Sehingga PBAK tahun ini tidak jadi dibubarkan, dan akan tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Pada hari pertama kegiatan PBAK tahun ini telah terjadi banyak kendala. Di antaranya masalah teknis, paket data, waktu yang kurang cukup, masalah background melalui gawai, Panping kurang komunikasi, serta tidak ada siaran langsung melalui youtube IAIN Pekalongan.

M. Mukhlis, Ketua SEMA-I saat kami konfirmasi berita acara rapat internal tersebut menjelaskan bahwa sebelumnya SEMA-I sudah menyedeiakan form pengaduan untuk mahaswa baru. “Aduan yang ditampung SEMA tersebut nanti akan disampaikan kepada pimpinan karena keputusan ada di pimpinan, bukan dari pihak SEMA-I. Kita hanya melaporkan dan memperingatkan bahwa itu tidak sesuai aturan,” jelasnya.

Pelayangan hasil rapat internal SEMA-I rencananya akan berlangsung selama PBAK, Al-Mizan mendapatkan informasi tersebut dari Ketua SEMA-I dan Miya Amaliya, Komisi C SEMA I, yang menjadi Panwas PBAK.

“Surat tersebut ditujukan untuk panitia PBAK dan DEMA-I. Harapannya besok sudah ditindaklanjuti. Rencananya di PBAK hari kedua dan ketiga hasil dari form pengaduan itu akan diedarkan lagi secara berkala dan diberikan kepada Warek,” terang Miya.

Al-Mizan juga mengkonfirmasi kepada peserta PBAK, dan benar adanya ada keluhan dari beberapa mahasiswa baru terkait pelaksanaan PBAK. Seperti yang diungkapkan Azka Dzikri Tsabata, Mahasiswa Prodi PGMI.

“Saat penyampaian materi volumenya tidak maksimal padahal di gawai miliknya sudah maksimal volumenya. Biaya kuota juga lumayan banyak yaitu sebesar tiga puluh ribu rupiah, di mulai pada pukul 07.30 sampai 12.30 WIB. Orang tuanya kurang mampu, sehingga ia harus mengambil tabungannya untuk membeli kuota.” Tulisnya, saat kami hubungi melalui WhatsApp. Selasa, (4/9)

Kendala serupa juga dialami Dea Novitasari, Prodi Hukum Ekonomi Syariah. Ia menjelaskan bahwa terdapat gangguan audio dalam pelaksanaan PBAK. Kendala yang lain juga ada seperti susah sinyal serta kuota yang menipis.

Melihat dari kendala-kendala tersebut panitia PBAK telah melakukan evaluasi setelah SEMA-I melayangkan hasil rapat internal, Panitia PBAK akan memperbaiki kekurangan yang terjadi pada hari pertama.

“Masalah teknis tadi sudah langsung dibetulkan, masalah absen mungkin nanti ada tambahan waktu 10-15 menit, terus masalah kuota belum dibahas dalam evaluasi tadi. Semaksimal mungkin kita perbaiki semua kekurangan-kekurangan,” ungkap Ketua Pelaksana PBAK 2021, Khafid Amirul Ummam.

Meskipun terdapat banyak kendala, namun berdasarkan konfirmasi dari panitia maka  pelaksanaan PBAK akan tetap dilanjutkan pada hari ke-2 dan ke-3. Panitia akan melakukan upaya semaksimal mungkin dalam mensukseskan acara tahunan ini. Harapan dari DEMA maupun SEMA yaitu acara ini akan berjalan dengan lancar dan lebih baik dari sebelumnya.

Reporter: Alifah Marwa

Editor: Daniel Alif

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>