Tentang LPM Al-Mizan

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Salam Pers Mahasiswa!!!

Bila mulutmu dibungkam, angkat penamu!

Kami hanyalah segelintir orang dari ribuan mahasiswa IAIN Pekalongan yang dengan beraninya menamai diri sebagai ‘pejuang pena’. Dengan mengusung slogan “Pengemban Cita Kebenaran dan Keadilan”, kami bergerak, berjuang dan berkarya untuk mengemban misi suci ini.Kami berperan untuk meyalurkan aspirasi mahasiswa, menyuarakan gagasan mereka, dan mendedikasikan diri untuk menjadi pelopor perubahan melalui tulisan.

Sembilan belas tahun Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan berdiri di kampus Rahmatan lil’alaimin, Delapan belas tahun pula kami berusaha mengembalikan peran mahasiswa sebagai Agent of Change. Tentunya bukan lagi untuk menumbangkan rezim orde baru melainkan untuk mengembalikan semangat yang dulu. Semangat untuk perubahan dan untuk mengalahkan musuh kita bersama yaitu korupsi, kemiskinan dan pembodohan yang masih melanda negeri ini.

Untuk menumbuhkan mahasiswa sebagai Agent of Change tentunya tidak mudah, melihat kondisi mahasiswasekarang yang lebih kebanyakan berfikir pragmatis, akademik midig, dan populis. Kenyataannya merekalebih suka hal-hal yang bersifat instan dan berfoya-foya tanpa dapat dapat melihat fenomena sosial dari akibat apa yang telah dilakukannya. Terus bagaimana kita bisa memberi perubahan…??? disini kekuatan dan fikiran  kita diuji. Dari hal-hal tersebut kami hadir sebagai media alternative sebagai peran kami untuk menumbuhkan kembali semangat yang digembar-gemborkan mahasiswa sebagai Agent of Change.

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan masih satu-satunya yang ada di kampus Rahmatan lil A’lamin ini. sejak berdirinya STAIN Pekalongan pada tahun 1997 yang dulu adalah fakultas syari’ah IAIN Walisongo Semarang. Dengan surat keputusan pendirian Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan dengan nomor SK : ST/23/K-0?pp.009/333/1997.

  • Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan Didataran Nasional

Didataran Nasional Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan juga memiliki andil yang cukup besar, terbukti dengan bergabungnya LPM Al-Mizan dengan Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) dan menjadi deklarator lahirnya Perhimpuan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Kota Pekalongan, yang meliputi beberapa LPM di berbagai perguruan tinggi yang ada di eks-Karasdenan Pekalongan pada tanggal 2 juni 2013.

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan merupakan salah satu organisasi intra kampus di IAIN Pekalongan yang akrab dengan dunia Jurnalistik yang meliputi penulisan berita, artikel, opini, karya sastra, karya ilmiyah, pengelolaan web dan blog, fotografi, desain grafis dan lain-lain. Diantara karya-karya yang rutin kami publikasikan yaitu Majalah AL-MIZAN yang lebih sering dikenal jargonnya yaitu “Pengemban Cita Kebenaran dan Keadilan”, Bulletin Suara Mahasiswa yang juga memiliki jargon yaitu “Media Pemersatu Mahasiswa”, dan Bulletin Sastra GIE atau lebih dikenal dengan “Gerakan Insan Ekspresif”, serta memberikan informasi terkini melalui portal website lpmalmizan.com.

  • Sistem Pengkaderan dan Pengembangan Kader

Dengan sistem pengkaderan yang menyenangkan dan kurikulum yang berjenjang kami setiap tahunnya dapat mengkader anggota yang kompeten. Terbukti dengan Output dari kami telah berhasil menjadi seorang penulis profesional, baik di media cetak maupun elektronik.

Rutinitas yang kami jalankan di organisasi diantaranya penugasan pencarian berita, baik di dalam kampus atau di luar kampus, diskusi mingguan, pelatihan keterampilan seperti desain grafis dan fotografi.

Demikian sekilas profil Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan. Bagi  kalian teman-teman mahasiswa baru dan lama kini saatnya kalian bergabung bersama kami di Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan dengan cara datang langsung ke Sekretariat kami Graha Mahasiswa Lt 2 IAIN Pekalongan. Atau daftarkan langsung di stand kami pada saat PBAK berlangsung. Atau hubungi kontak person kami di  0877-4898-1588

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Salam Pers Mahasiswa!!!

SUSUNAN PENGURUS

LEMBAGA PERS MAHASISWA (LPM) AL-MIZAN

IAIN PEKALONGAN

MASA BHAKTI  2019

 

Pelindung                               :

Rektor IAIN Pekalongan  Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag

Penasehat                               :

Warek I         Dr. H. Muhlisin, M.Ag.

Warek II       H. Zaenal Mustakim, M.Ag

Warek III     Drs. Moh. Muslih, M.Pd., Ph.D

Pembina                                

Ahmad Dzulfikar M.Pd

Majelis Penasehat Pers       :

Rizka Apriliana, Elif Hudayana, Arini Sabrina

Pimpinan Umum                   : Saiful Ibad                    

Sekretaris                               : Mei Khasanatun Nisa                   

Bendahara Umum                 : Nina Fitriani                                 

BIDANG REDAKSIONAL LEMBAGA PERS MAHASISWA (LPM) AL-MIZAN IAIN PEKALONGAN

Pemimpin Redaksi     :  Ulfatunnisa

Redaktur Pelaksana Majalah Al-Mizan

  • Muhammad Arsyad
  • Ofni Oftafiana

Redaktur Pelaksana Buletin Suara Mahasiswa

  • Azizah
  • Fatihatun Nikmah

Redaktur Pelaksana Buletin Sastra GIE

  • Dian Paramesty Ken Utami
  • Fuji Afifah Noor
  • Wawan Ridwan

Redaktur Pelaksana Media Online

  • Fara Diba
  • Yusuf Mantoro

Layouter

  • Nur Khafidin
  • Prasetyo Aji
  • Zaenal Mustakim

BIDANG KEORGANISASIAN LEMBAGA PERS MAHASISWA (LPM) AL-MIZAN IAIN PEKALONGAN

Ketua Keorganisasian : Ana Risqiana

Divisi  Kaderisasi :

  • Ikhrom Khoerudin
  • Ikhtaroza Salamatun
  • Musfirotun

Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) :

  • Fatimatul Maulia
  • Muhammad Wilyaksana

Depertemen Jaringan Kerja (Jaker) :

  • Arman Badawi
  • Ilman Hidayat
  • Mucharom Syifa

LOGO LEMBAGA PERS MAHASISWA (LPM) AL-MIZAN IAIN PEKALONGAN