Aplikasi Lpm Al-Mizan

Re-launching Aplikasi LPM Al-Mizan, Media Utama Mahasiswa IAIN Pekalongan

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan meluncurkan ulang (Re-launching) aplikasi Al-Mizan agar mahasiswa lebih mudah mengakses informasi seputar Kampus IAIN Pekalongan. Program peluncuran aplikasi ini sebenarnya sudah dilakukan pada tahun 2018. Namun, karena terdapat kendala sistem yang belum optimal membuat aplikasi LPM Al-Mizan tidak difungsikan dengan baik.

Re-launching Aplikasi ini diresmikan ketika Semarak Pekan Orientasi Jurnalistik (SPOJ) yang digelar LPM Al-Mizan secara Daring pada 5 Desember 2020. Dalam peresmian tersebut juga dijelaskan keunggulan serta fitur tambahan yang dihadirkan dalam aplikasi. Salah satu fitur tambahan yaitu pembuatan akun bagi pengguna Aplikasi LPM Al-Mizan. Keuntungan dari pembuatan akun tersebut membuat pengguna bisa mengirimkan tulisan untuk dimuat LPM Al-Mizan, IAIN Pekalongan.

Dalam hal ini LPM Al-Mizan menerapkan sistem User Generate Content (UGC) seperti beberapa platfrom media penulisan yang lain, yang memberikan akses kepada pengguna untuk membuat artikel berita, opini, esai atau karya satra seperti cerpen hingga puisi. Meski begitu tidak luput dari persetujuan dari redaktur, tentunya redaktur menyortir tulisan-tulisan yang pantas ditayangkan di media LPM Al-Mizan. Dalam hal ini bukan berarti LPM Al-Mizan memiliki hak kepemilikan tulisan, semua tulisan yang dikirimkan tetap menjadi hak milik pengirim.

Fitur lain yang dihadirkan dalam aplikasi adalah artikel terhangat serta tag list yang sedang ramai digunakan oleh mahasiswa. Fitur artikel terhangat ini bisa membuat pengguna khususnya mahasiswa agar mengikuti informasi yang menjadi perbincangan di Kampus IAIN Pekalongan setiap bulannya. Mahasiswa yang peka akan kampusnya adalah mahasiswa yang mengikuti isu yang sedang dibicarakan. Untuk menghadirkan rasa peka tersebut, tetunya dengan mengetahui apa yang terjadi. Sehingga menjadi mahasiswa yang aktif dan interkatif, bukan mahasiswa yang apatis terhadap isu atau problematika yang terjadi.

Terdapat banyak fitur lain yang menunjang pengguna dalam aplikasi LPM Al-Mizan ini seperti fitur dark mode, kritik dan saran dari pengguna, serta ploting tulisan berdasarkan jenisnya. Sehingga membuat pengguna lebih mudah dalam membaca artikel yang ada di aplikasi LPM Al-Mizan. Lebih lanjut pembaca dapat mendownload aplikasi LPM Al-Mizan di Google Playstore untuk pengguna Android. Untuk pengguna IOS bisa mendowlod aplikasi LPM Al-Mizan melalui link yang tertera di website lpmalmizan.com.

Aplikasi LPM Al-Mizan ini diharapkan bisa digunakan dengan baik oleh civitas IAIN Pekalongan khususnya mahasiswa. Selain menjadi tempat sajian isu mahasiswa, juga menjadi media kreatifitas mahasiswa yang berfokus dalam kepenulisan. Jika satu ide itu tersalurkan maka ide yang lain akan bermunculan. Jika sudah banyak yang menyalurkan ide maka corak kehidupan mulai terbentuk. Jadi siapkan idemu!

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>