Berita, Kampus

UKM Seni Musik Elfata Siapkan Konser Perdana Virtual

foto: arsip el-fata

lpmalmizan.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Musik elfata tengah mempersiapkan konser perdana yang rencananya akan dipublikasi pada akhir Agustus. Konser perdana tersebut merupakan penyematan anggota baru, yang mana nantinya akan mennjadi anggota muda.

Muh. Aqib, Ketua Umum UKM Seni Musik Elfata 2021 mengatakan sistem yang pada konser perdana kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Kegiatan ini pun baru pertama kali dilakukan secara online pada tahun ini, sebelumnya konser penyematan anggota baru dilakukan secara offline dengan membutuhkan tempat untuk berkegiatan,” jelasnya. (16/8)

Ia menambahkan bahwa sistem online tersebut didasari atas situasi Pandemi Covid-19 yang belum usai. “Karena dimasa ini (pandemi -read) perizinan tempat sangat dipersulit meskipun sudah mengajukan kegiatan yang mengikuti protokol kesehatan dengan maksimal 30 partisipan dalam ruangan,” terangnya.

Nantinya konser perdana tahun ini akan ditayangkan di chanel youtube elfata. “Konsepnya 6 lagu yang mau di konserkan dibuat video, kayak video klip yang didalamnya dimasukan drama mengenai prosesnya mereka,” tutur Aqib.

Dari segi persiapan saat ini sudah sampai tahap rekaman musik, sisanya yang belum dibuat vidio perjalanan dari elfata.

Kendala dalam proses

Pihak kampus menuntut agar UKM-UKM untuk tetap kreatif dan berinovasi dengan pengadaan karya, menghidupi sosial media, dan youtube selama pendemi ini. Juga untuk tetap menjalankan kegiatan-kegiatan meskipun itu dilakukan secara daring.

“Namun banyak kendala yang dihadapi oleh elfata terkait alat musik yang ada di UKM Seni Musik Elfata yang sudah sangat tua dan tidak standar lagi untuk digunakan. Seperti gitar, bass, mixer, dan alat perkusinya. Keadaan alat musik itulah kendala terbesar kami untuk berproses dan memproduksi karya dengan maksimal,” Tutur Aqib

Kerena di masa pandemi ini sarana dan prasarana juga harus diperhatikan untuk menunjang adanya kegiatan atau latihan. Terkait alat-alat yang rusak sudah disampaikan ke kampus sejak 4 tahun yang lalu, tapi saat ini belum juga ada kejelasan dari pihak kampus untuk alat-alat musik di Elfata yang rusak. Pembuatan karya juga harus membutuhkan alat musik yang memadai agara mendapatkan hasil yang maksimal dan bisa memuaskan.

Aqib menuturkan “Harapan kami UKM Seni Musik Elfata selalu bisa berkembang dimasa yang sulit, bisa berinovasi dan kreatif memaksimalkan potensi musik,” Terangnya.

penulis: Adnan Kasogi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>