Berita, Kampus

UKK KSR-PMI Unit IAIN Pekalongan Rampungkan Tiga Karya Unggulan

Foto: Arif Sopan

Unit Kegiatan Khusus (UKK) Korp Suka Rela – Palang Merah Indonesia (KSR – PMI) unit IAIN Pekalongan berhasil merampungkan tiga karya program unggulan tahun 2020 pada April ini. Tiga karya tersebut berbentuk dua buku Berjudul “Life Hack PP” dengan bahasan pertolongan pertama, dan Book Chapter yang terdiri dari tiga bab dengan tajuk “Tetap Kreatif di Tengah Pandemi Covid-19”. Serta satu jurnal penelitian dengan scope manajemen organisasi kampus di era pandemi.

Farisa Novita Sari, ketua umum UKK KSR-PMI Unit IAIN Pekalongan Periode 2021 mengatakan bahwa program ini diberikan Wakil Rektor 3 kepada UKM/UKK Institut tahun lalu. Kemudian setelah pergantian tahun, Hendri Hermawan Adinugraha pembina baru merekomendasikan agar tiga karya bisa dibukukan. Hal ini merupakan upaya melanjutkan program karya unggulan pada tahun lalu.

“Kebetulan mendapat penawaran dari pak Nasrudin (Dosen IAIN Pekalongan) sekaligus penerbit atau pemilik Percetakan NEM kepada UKK KSR, sehingga dapat menyelesaikan karya tersebut dan berhasil dipublish pada 11 April 2021,” katanya saat kami hubungi melalui sambungan telefon. Senin, (19/4).

Farisa juga menceritakan latar belakang dari penyusunan jurnal penelitian, awalnya mendapat usulan dari Pembina. Karena menurutnya teman-teman Ormawa masih minim dalam bidang literasi yang mana lebih mengarah ke action seperti pengadaan program kerja, dan kegiatan organisasi saja. Hal ini menjadi titik awal dengan tujuan menambah pengetahuan dalam bidang literasi melalui penyusunan Jurnal tersebut.

Dalam pembukuan tiga karya ini KSR-PMI mencetak 20 buah jenis buku panduan. Bagi mahasiswa maupun masyarakat yang ingin memiliki buku ini dapat membeli versi cetak seharga Rp. 25.000,- dan untuk versi e-book dengan harga Rp. 16.000,-. Serta e-book “Book Chapter” senilai Rp. 32.000,- dan untuk versi cetaknya Rp. 75.000,-. Sedangakan, untuk Jurnalnya bisa diunduh gratis melalui Website UKK KSR-PMI.

“Untuk buku yang diterbitkan oleh KSR ini sangat diperlukan untuk kehidupan sehari-hari, baik itu untuk kesehatan seputar kecelakaan-kecelakaan ringan dalam keseharian atau ilmu-ilmu keorganisasian tentang management. kita perlu punya ilmunya dan kita perlu tahu ini lho KSR punya karya untuk menunjang itulah alasan yang membuat kita harus membeli buku ini,” jelasnya.

Menurut Farisa ini merupakan bijih manfaat. “Sebagaimana ungkapan ‘Jangan sekali-kali melupakan sejarah’. Ini bisa menjadi evaluasi pembelajaran untuk kedepannya atas apa yang terjadi melalui apa yang ditulisnya sekarang.” Terangnya, saat mengutarakan alasan dibalik penyusunan karya ini.

Reporter : Riza Dwi Fauziah & Karimatun Nisa
Penulis : Riza Dwi Fauziah

Editor: Siti Nureliza

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>