Berita, Kampus

Taman Makam Pahlawan Bhakti Wiratama Menjadi Spot Foto Baru Wisudawan IAIN Pekalongan

Rabu (16/12) Taman Makan Pahlawan Bahkti Wiratama, Bojong, Kab. Pekalongan ramai oleh wisudawan dan wisudawati berserta keluarga dan rekan-rekan terdekat. Taman Makam Pahlawan Bhakti Wiratama yang letaknya tidak jauh dari kampus 2 IAIN Pekalongan menjadi tempat transit untuk beristirahat dan berswafoto. Hal ini dikarena tidak memungkinkannya lingkungan kampus menjadi tempat berfoto serta berkumpul, yang mana masih berlangsungnya acara wisuda drive thru.

 Momen seperti ini sudah terjadi sejak hari pertama wisuda IAIN Pekalongan (15/12). Seperti yang di katakan oleh Warsito, selaku penjaga Taman Makam Pahlawan Bhakti Wiratama. “Kami selaku pengurus di sini mempersilakan mereka karena memang betul keberadaan taman makam pahlawan ini bukan hanya sebagai bukti sejarah, akan tetapi juga diperuntukkan masyarakat umum. Dengan syarat dan ketentuan yaitu tidak mengganggu keamanan dan kebersihan yang ada. Selain itu juga sebaiknya ada izin terlebih dahulu. Kemarin sudah ada yang datang ke sini meminta izin kepada saya untuk memakai tempat ini sebagai tempat parkir, dan akhirnya kami mempersilakan dengan maksud agar tidak terjadi kemacetan di jalanan (Bojong).”

Tidak diperbolehkannya para wisudawan berkerumun di lingkungan kampus, menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh IAIN Pekalongan untuk meminimalisir penyebaran covid-19. Akan tetapi para wisudawan tentu tidak ingin kehilangan moment suka cita itu, oleh karenanya mereka memilih berswafoto di taman makam pahlawan. “Kita memilih taman makam pahlawan ya karena di kampus tidak diperbolehkan, sebenarnya memang kurang etis jika berfoto di makam, tapi ya ini juga terpaksa karena memang bisanya cuma disini.” Tutur Misbahul Anam salah satu wisudawan dari jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah.

Misbahul juga menambahkan bahwa wisuda drive thru tidak memiliki kesan sama sekali. “Wisuda drive thru ini biasa saja, karena hanya memindahkan koncer dan pemberian ijazah. Tidak mempunyai kesan tersendiri. Dan mungkin lebih efektif jika acara wisuda dilaksanakan secara online sekalian.”

Selain Misbahul Anam, Amelia mahasiswa Fakultas Tarbiyah juga menyampaikan alasan dirinya transit di Taman Makan Pahlawan Bahkti Wiratama bahwa sebenarnya berfoto di tempat ini memang tidak di arahkan oleh panitia akan tetapi mereka memilih untuk berfoto disini karena lahan makam pahlawan sendiri cukup luas dan teduh untuk bersantai sejenak.

**

Reporter dan Penulis :

Adnan,Fatma, Nazira, Rima, Salsa

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>