Berita, Kampus

2558 MAHASISWA BARU IKUTI PBAK ONLINE

IAIN Pekalongan mengadakan Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) secara daring. Media yang digunakan untuk PBAK tahun ini adalah Zoom, youtube, facebook dan instagram. PBAK dilaksanakan selama tiga hari, dimulai dari 7 September sampai 9 September 2020. Pembukaan PBAK 2020 dilakukan pada 7 September 2020. Sebanyak 2.558 mahasiswa baru mengikuti PBAK secara daring. Terdapat 18 mahasiswa baru yang mengikuti pembukaan PBAK secara langsung di Auditorium IAIN Pekalongan sebagai perwakilan masing-masing program studi.

Tema dari PBAK 2020 adalah “We Are the Great Digital Muslim Learners”. Wahib sebagai ketua Dema IAIN Pekalongan menjelaskan tujuan dari tema tersebut adalah  bagaimana kita tetap membangun kreativitas walaupun di tengah pandemi. Konsep daring PBAK bukan menjadi alasan untuk tidak kratif bagi mahasiswa baru. “Walaupun sistemnya daring tapi tetap kita berusaha untuk  mengawal agar dapat membangun nilai-nilai yang bisa dikeluarkan dari mahasiswa baru,” tambah Wahib.

Pembukaan PBAK 2020 dimeriahkan oleh persembahan tari tradisonal kayungyun dari HMJ PGMI. Tari kayungyun ditampilkan secara apik di depan 18 mahasiswa baru serta tamu undangan yang hadir di Auditorium IAIN Pekalongan. Pelepasan beberapa ekor merpati menandai berakhirnya acara pembukaan PBAK 2020.

Salah satu mahasiswa yang hadir di Auditorium IAIN Pekalongan memberikan tanggapannya dalam mengikuti PBAK. Faisyal Ramadhani Muurdeny, Mahasiswa baru dari prodi Hukum Tata Negara sekaligus menjadi mahasiswa yang membacakan ikrar mahasiswa menjelaskan bahwa kegiatan PBAK tahun ini sangat istimewa walaupun dalam keadaan pandemi.

Sementara menurut Fifiani Dwi Kurnia salah satu mahasaiswi baru dari prodi Ekonomi Syariah yang kami hubungi via whatsapp, menyatakan bahwa mengikuti PBAK tahun ini mempunyai kesan tersendiri. Mahasiswa tidak perlu jauh-jauh datang ke IAIN Pekalongan untuk melaksanakan PBAK serta mendapatkan subsidi paket data internet dari IAIN Pekalongan. “Dukanya mengikuti PBAK online yaitu kadang servernya eror karena diakses ribuan mahasiswa dalam waktu yang sama,” tambahnya.

Rektor IAIN Pekalongan, Ade Dedi Rohayana mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang merupakan orang-orang terpilih untuk mengemban ilmu di IAIN Pekalongan.

Antusias mahasiswa baru IAIN Pekalongan dalam mengikuti rangkaian kegiatan PBAK termasuk webinar menandakan bahwa mahasiswa baru telah siap mengikuti kegiatan perkuliahan. “Partisipasi mahasiswa dalam mengikuti beberapa lomba yang diselenggarakan menunjukkan bahwa mahasiswa baru merupakan generasi millennial,” kata Muslih sebagai warek 3 IAIN Pekalongan.

*Diliput dan ditulis oleh : Aisa, Hida, Tia.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>