Esai, Unek-Unek

Tetap Bahagia Meski #DirumahAja

Lpmalmizan.com- Anjuran stay at home oleh pemerintah terus gencar dilakukan sebagai upaya pencegahan merebaknya virus Corona lebih luas lagi di Indonesia. Tidak bisa dipungkiri merebaknya pandemi Covid-19 atau biasa disebut dengan virus Corona, membuat keprihatinan masyarakat di Indonesia bahkan seluruh dunia. Bagaimana tidak? Penularan virus ini berlangsung sangat cepat dan masif. Setidaknya terdapat 201 negara telah mengonfimasi merebaknya virus Covid-19 di negaranya.

Imbauan stay at home oleh pemerintah Indonesia sejak tanggal 14 Maret, tentunya memiliki dampak terhadap seluruh sektor. Diantaranya yaitu sektor pendidikan dan sektor kerja. Dimana banyak pelajar yang harus melakukan kegiatan belajar mengajar mulai dari rumah. Para pekerja yang dapat bekerja dari rumah, diharapkan mampu untuk menyelesaikan pekerjaannya hanya di rumah saja.

Di Indonesia imbauan stay at home agaknya sulit diterapkan oleh semua kalangan masyarakat. Nyatanya sekitar dua ribuan warga Indonesia merupakan pekerja non formal, banyaknya masyarakat menengah ke bawah harus tetap berjualan untuk pemenuhan kebutuhan hidup keluarganya. Dilansir dari laman Kompas.com bahwa belajar, bekerja serta beribadah dari rumah yang telah disampaikan oleh presiden Joko Widodo.

Masyarakat terutama remaja yang masih bandel dengan keluar rumah tanpa tujuan yang jelas, seperti pergi ke mall, warnet maupun kongkow bersama teman-temannya banyak mendapat teguran dari aparat keamanan dan menjadi keprihatinan banyak kalangan. Seharusnya masyarakat Indonesia memperhatikan imbauan tersebut dengan tetap di rumah saja.

Imbauan stay at home atau tinggal di rumah saja merupakan kebijakan pemerintah Indonesia, sebagai bentuk upaya menjaga jarak fisik satu sama lain dan untuk menghentikan penyebaran virus Corona. Para ahli kesehatan di seluruh dunia menekankan bahwa salah satu cara untuk memutus rantai virus tersebut yaitu dengan menjaga jarak fisik supaya aman terutama di tempat-tempat umum serta disiplin cuci tangan menggunakan sabun.

Dengan adanya imbauan tersebut banyak tagar di rumah saja bergaung di media sosial. Banyak netizen Indonesia yang cukup kreatif dalam menyuarakan pandangannya tentang tagar tersebut. Mulai dari meme yang kocak sampai konten yang serius perihal asmara dan tak lupa banyak challenge mewarnai. Tentunya hal tersebut membuat seseorang memiliki waktu yang cukup luang untuk memunculkan sebuah kreativitas, untuk lebih produktivitas lagi dalam menghasilkan karya-karya daripada hanya ‘Rebahan’.

Untuk mengisi waktu luang atas anjuran stay at home oleh pemerintah setempat. Banyak aktivitas yang tentunya dapat dilakukan. Seperti diketahui Paul Pogba, gelandang Manchester United melakukan aksi ‘stay at home challenge’ di rumah bersama keluarganya. Begitu juga dengan sederet pemain sepak bola populer dunia lainnya yang melakukan aksi serupa di rumah masing-masing.

Di Indonesia sendiri, tentunya terdapat banyak aksi mapun challenge untuk meramaikan media sosial. Seperti yang dilakukan oleh Narasi TV pada hari Sabtu tanggal 28 Maret 2020. Sebagai wujud solidaritas musisi-musisi Indonesia atas kejadian yang menimpa bangsa Indonesia dan dalam upayanya mengajak masyarakat untuk stay at home atas anjuran dari pemerintah tersebut, mereka melakukan aksi konser musik #Dirumahaja.

Berkaca pada banyaknya aksi dan challenge para masyarakat di dunia maya, ini menggambarkan banyak aktivitas yang tentunya dapat dilakukan saat kita berada di rumah. Bagi kalian yang gemar memasak, dapat mengisi waktu dengan memasak makanan kesukaan untuk anggota keluarga di rumah, sekaligus menjadi ajang Quality time untuk keluarga yang mungkin jarang berkumpul. Atau mungkin kalian orang yang suka berimajinasi? Kalian dapat tetap produktif dengan menuangkan ide-ide kalian ke hal yang lebih bermanfaat, seperti membuat karya sastra untuk tetap mengasah skill.

Kreativitas yang disalurkan kepada hal-hal yang disukai dan positif, tentunya mendapat kebanggaan tersendiri. Seperti yang sedang tren akhir-akhir ini, yaitu minuman asal Korea Dalgona Coffee. Dengan bahan-bahan yang murah serta cara pembuatan yang mudah, banyak masyarakat di Indonesia terutama selebritas banyak mencoba membuat minuman Dalgona.

Ajakan untuk stay at home, masih terus dilakukan sebagai upaya kepedulian terhadap kondisi sekarang bahkan menjadi ajang adu kreativitas dan eksis di dunia maya. Selain itu, ajakan stay at home tentunya dapat membantu tenaga medis sebagai garda terdepan dalam menangani pasien yang terpapar virus Covid-19.

Sebenarnya masih banyak kegiatan di rumah yang tentunya dapat diisi dengan aktivitas yang menyenangkan lainnya. Tidak hanya berdiam diri dan akhirnya merasa bosan bahkan stress. Karena kesehatan jiwa juga berperan dalam meningkatan imunitas. Sekarang cobalah untuk selalu bersyukur dan menikmati setiap momen yang ada selama di rumah aja. Karena setiap hal yang terjadi pada hidup kita, tentunya memiliki makna tersendiri.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>