Berita, Kampus

UKK Menwa Naikkan Biaya Pendaftaran PAB Tanpa Konfirmasi SC dan OC

suasana stand pendaftaran UKK Menwa

Baru diketahui saat gelaran terakhir Ombak (25/8) Unit Kegiatan Khusus (UKK) Resimen Mahasiswa (Menwa) secara sepihak menaikkan biaya pendaftaran menjadi 15 ribu. Hal ini menyalahi kesepakatan perihal biaya pendaftaran Penerimaan Anggota Baru (PAB) yang sudah ditentukan dalam Forum Klik pada 26 Juli 2019 di Aula Graha Mahasiswa.  Perwakilan dari masing-masing UKK dan UKM yang hadir setuju biaya pendaftaran PAB saat Ombak 10 ribu.

  “Untuk masalah biaya pendaftaran kami tetap 15 ribu, dari tahun-tahun sebelumnya sudah seperti itu dan juga sudah keputusan rapat,” ujar Roki, Ketua PAB Menwa. (25/8)

Roki, Menwa  mengatakan bahwa pihaknya sudah konfirmasi dengan pihak OC. Namun, pernyataan itu dibantah oleh Fatoni, Ketua Organizing Commitee (OC) “saya klarifikasi bahwa tidak pernah memberikan izin biaya pendaftaran PAB itu 15 ribu karena sesuai forum10 ribu.”(25/8)

Mengetahui hal ini UKM Gemalawa merasa keberatan kenaikan biaya pendaftaran PAB di UKK Menwa yang tidak sesuai dengan Forum Klik. “ Pinginnya tetep ada sanksi, karena sudah dibahas di SEMA-I di Rakerma tahun ini dan semua harus berdasarkan kesepakatan 10 ribu,” ujar Adhim Ketua PAB Gemalawa (25/8)

Berbeda dengan tanggapan UKM Gemalawa, Imas, Ketua PAB UKK KSR tidak mempermasalahkan hal tersebut. “Menurut per-organisasi kan berbeda-beda  itu tergantung  anggota masing-masing Ormawa, kalau misal di KSR 10 ribu itu menyesuaikan dengan apa yang kita butuhkan ketika diklat, ini dikira-kira aja agar tidak mahal di kantong mahasiswa baru, buat kami tidak masalah.”(25/8)

Menanggapi masalah ini Ketua OC dan SC memangggil anggota Menwa untuk dilakukan Audiensi. Muhklis, Luthfi, dan Riko dari Menwa menyetujui untuk dilakukan audiensi. Saat audiensi Mukhlis selaku komandan UKK Menwa memberikan alasan kenaikan biaya pendaftaran.

“di  PAB kami ada shit up, lari, dan push up otomatis kami harus menyediakan minum dan buah-buahan untuk mereka, apalagi membiarkan mereka kehausan, tidak  mungkin mereka membawa sendiri, karena faktor kesalamatan dan keamanan.” (25/8)

Dalam audiensi kedua belah pihak antara OC dan SC serta Menwa menghasilkan kesepakatan akan diadakan forum besar untuk semua UKK/UKM yang keberatan tentang kenaikan biaya Pendaftaran PAB  oleh UKK Menwa.

“Kalau ingin dibuatkan forum,  OC dan SC siap menjembatani dan Menwa sendiri siap mempertanggungjawabkannya,” pungkas Fatoni (25/8)

reporter: Arif

Komentar