Berita

Pengondisian Peserta Tidak Maksimal, Keamanan Kerahkan Semua Personil

konser di malam inagurasi Ombak 2019

Malam inagurasi pada Sabtu, (24/8) menjadi puncak acara dari rangkaian PBAK, AMT, & Ombak 2019 yang diselenggarakan oleh Dema-I. Dimeriahkan oleh bintang tamu Figura Renata & Elfarizi acara berlangsung lancar, meskipun terdapat kendala dalam pengondisian mahasiswa baru (Maba).

Sabtu sore pukul 17.00 WIB, mahasiswa baru yang diharapkan oleh panitia sudah tiba di kampus, dan langsung menuju halaman gedung Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) untuk menunaikan sholat magrib dan isya berjamaah ternyata tidak terealisasi sepenuhnya. Setibanya dikampus, sebagian mahasiwa tidak salat berjamaah di lokasi yang sudah disediakan panitia, melainkan salat di mushola kampus.

Tidak berhenti disitu saja, setelah salat magrib sebagian besar mahasiswa baru menyebar, padahal dalam susunan acara seharusnya setelah salat magrib dilanjutkan pembacaan yasin dan tahlil sampai isya.

“Sejak awal panitia sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan, dalam hal ini Resimen Mahasiswa (Menwa) dan Satpam untuk kolaborasi di lokasi acara dan menyebar disekitar kampus untuk pengondisian mahasiswa baru,” terang Eko Pradipta, Ketua SC.

Namun hal tersebut menurut Eko tetap dirasa tidak berjalan maksimal, karena banyaknya mahasiswa baru yang menyebar, sehingga panitia yang lain pun ikut membantu mengondisikan maba.

Pihak Satpam kampus menerjunkan 10 personil, “beberapa dikerahkan di titik rawan dan dikhususkan di parkiran serta patroli di seluruh area yang dibantu oleh Menwa” ujar Safrudin, anggota Satpam kampus.

Sedangkan dari pihak Menwa mengerahkan 50 personil. Walaupun  tidak sesuai dengan surat keputusan (SK) dari panitia yang hanya diminta 20 orang, namun demi kepentingan keamanan, Menwa menerjunkan personil 50 orang yang dikerahkan untuk acara malam Inagurasi, dengan tugas pengondisian peserta acara dan membantu keamanan.

“Meski sudah mendatangkan 50 personil bukan berarti sudah tidak ada masalah. Kendala pengondisian Maba ada di gedung Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan (FTIK) yang begitu rumit, lebih mudah pengondisian peserta di gedung FEBI,”  ungkap Mukhlis,  Komandan Menwa.

reporter: Ruri/Alif/Eko

Komentar