Berita, Kampus

Hari Terakhir Ombak, Dema-I Adakan Penanaman Pohon

proses penanaman pohon

Kementrian Sosial dan Lingkungan Hidup (Kemensosling) Dema-I di hari terakhir Ombak Minggu, (25/8) adakan penanaman pohon di beberapa titik lahan kampus II, Rowolaku, Kajen. Dalam kegiatan ini, Dema-I bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gemalawa.

Terdapat 45 pohon yang berasal dari hasil wakaf kelompok PBAK 2019 “Dari PBAK jumlah kelompok ada 60 yang terselamatkan ada 45,” terang Nova, dari divisi Kemensosling Dema-I

Nova juga menambahkan, pengelola kebun kampus II IAIN Pekalongan mengarahkan agar penanaman ini tidak hanya asal tanam, tapi estetikanya juga dapat. “Seninya itu dapet di sini sekiranya biar teduh tidak asal tanam,” imbuh Nova.

Setiap fakultas mendelegasikan 10 orang mahasiswa baru untuk dilibatkan dalam penanaman pohon. Selanjutnya, dari seluruh peserta delegasi tersebut dibuat menjadi 5 kelompok agar mempermudah penanaman.

Ghozali, anggota UKM Gemalawa memaparkan, pohon yang ditanam terdiri dari beberapa jenis; pohon ketapang, trembesi, glodokan tiang, dan pucuk merah.

Meski kurangnya persiapan alat penanaman, 45 pohon sudah berhasil ditanam. “Satu kelompok dikasih satu alat, cuma cangkul,” ungkap Dian Anggraeni mahasiswi jurusan Ekonomi Syariah. Namun ia juga berharap, pohon yang ditanam akan tumbuh. “Semoga nanti tumbuh, biar kampus kita tetap hijau.”

reporter: Alif

Komentar