Berita, Kampus

Mahasiswi Dominasi Peserta Talkshow Nasional Gender

lpmalmizan.com, IAIN Pekalongan – Sabtu (27/4) bertempat di Auditorium IAIN Pekalongan, talkshow nasional yang diadakan UKM SIGMA (Studi Gender Mahasiswa) didominasi oleh mahasiswi. Dalam talkshow nasional ini, panitia mengundang Abdul Muiz Ghazali (Dosen IAIN Cirebon) dan Izza Hemawanti (Psikolog Pemerintah Kota Pekalongan) sebagai pemateri. Talkshow nasional merupakan acara perdana UKM SIGMA, dengan mengusung tema “Gender dan Employment : Wanita Karir dan Keseimbangan Ekonomi.”

Acara tersebut merupakan puncak dari rangkaian acara festival gender UKM SIGMA selama tiga hari sejak tanggal 25-27 Maret. “Tujuan diadakannya acara ini untuk mendiskusikan tentang kesetaraan gender dan saling bertukar pikiran dikalangan mahasiswa dan masyarakat umum” ucap Imam Aulia Azmi selaku ketua panitia. Sekitar 150 peserta mengikuti talkshow ini, baik dari IAIN Pekalongan maupun luar kampus IAIN Pekalongan.

Foto by: Danial Alif – Nampak samping sebagian besar kursi peserta talkshow yang diisi oleh mahasiswi.

Peserta yang ikut talkshow didominasi oleh mahasiswi dibandingkan mahasiswa yang hanya beberapa saja. “Kalo dihitung kurang dari 100% karena mayoritas itu yang ikut perempuan dan laki-lakinya sedikit,” ungkap Ruslinawati, mahasiswi semester 2 Komunikasi dan Penyiaran Islam. Senada dengan Ruslinawati, Lailatul Mahfulah mahasiswi semester 4 Tadris Matematika, “Tadi seperti yang sudah dibilang oleh Ibu Izza, bu Izza itu berharapnya ya juga dihadiri beberapa laki-laki,” terang Lailatul Mahfulah selesai mengikuti talkshow.

Selain peserta dari IAIN Pekalongan, terdapat peserta dari luar kampus yang mengikuti talkshow nasional. salah satunya Amilda mahasiswi akutansi dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Pekalongan. “Mengingat betapa pentingnya kesetaraan gender pada era mileneal, ini kan tentang gender si ya, kalo dalam kehidupan sehari-hari itukan, gender kan sangat penting, jadi juga menambah wawasan tentang gender juga untuk motivasi”. Seru Amilda setelah registrasi.

Komentar