Berita

Bersih Graha, Jalin Kekompakan Ormawa

Aktivis graha membersihkan selokan air di graha mahasiswa (26/4) Foto: Fatih

Lpmalmizan.com – Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (DEMA-I) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan adakan kegiatan bersih graha pada Jumat (26/4) di Graha Mahasiswa. Adapun kegiatan ini diikuti seluruh organisasi mahasiswa (Ormawa) yang masih berada di kampus Kusuma Bangsa.

Ketua Dema-I, Lukman Hakim menuturkan, jumat bersih merupakan salah satu program kerja Mentri Sosial Lingkungan Dema-I yang dilaksanakan minimal sebulan sekali. Bersih graha kali ini targetnya yaitu membersihkan area graha, menertibkan parkiran, serta membangun jembatan untuk pintu keluar motor.

“Biar graha ini bersih ya. Kami juga sudah meminta mobil pengangkut dari kampus untuk membawa barang-barang yang sekiranya sudah tidak diperlukan. Nanti dibuatkan garis untuk parkir motor biar tertata dan jembatan di depan Kopma untuk pintu keluar motor,” jelas Lukman.

Lebih lanjut Lukman mengatakan antusiasme dari Ormawa sangat bagus. Mereka (baca: Ormawa) mau berpartisipasi secara sukarela. Hal ini juga disampaikan Yudi, penanggungjawab kebersihan graha mahasiswa. Menurut Yudi, kekompakan Ormawa dan Dema-I sangat bagus. “Biasanya itu ogah-ogahan. Sekarang sangat kompak,” ujar Yudi.

Sejalan dengan Lukman dan Yudi, salah satu perwakilan dari ormawa, Atika Rizqiana dari UKM Zenith memberikan apresiasi yang baik. Namun, ia juga menyayangkan kurang jelasnya intruksi yang diarahkan pihak Dema-I.

“Harusnya kan meski sudah dibagi kelompoknya, didalamnya ada pembagian lagi tentang apa saja yang harus dibersihkan. Kalau hanya dibagi kelompok, wilayah, dan penanggungjawab kan kami masih bingung,” jelas Atika.

Atika berharap kegiatan semacam ini tetap terlaksana. Begitu pula Yudi dan Lukman yang berharap kegiatan bersih graha bisa dilakukan secara istiqomah. “Semoga bisa istiqomah, karena kebersihan itu sebagian dari iman dan kita perlu jaga lingkungan kita supaya aman, nyaman, dan tertib,” ujar Lukman.

Komentar