Berita, Kampus

Hilangkan Tradisi Lama, Calon Wisudawan Hanya Akan Dipinjami Toga

soekarnotiga-WordPress.com

Lpmalmizan.com— Selasa, 02 April 2019 bertempat di Lantai 1 gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) para calon wisudawan hadiri acara koordinasi pelepasan wisuda. Hadir pula dekan FTIK, Sugeng Sholehudin  serta jajaran dosen FTIK dan  beberapa ketua ikatan alumni FTIK. Dalam acara membahas beberapa hal yang perlu diketahui oleh para calon wisudawan. Informasi disampaikan oleh Sopiah selaku wakil dekan bidang administrasi umum, perencanaan dan keuangan FTIK.

Diantara informasi yang disampaikan yakni, meliputi acara wisuda, pembagian transkrip nilai serta peminjaman toga. Beberapa mahasiswa menyayangkan informasi yang disampaikan Sopiah terkait baju toga yang hanya dipinjami. Tidak seperti wisuda tahun-tahun sebelumnya yang mna baju toga diberikan kepada para wisudawan.

Beberapa mahasiswa tidak mempermasalahkan adanya kebijakan baru tersebut. “Melihat dari kami saja, sebagai mahasiswa  sudah bisa dipahami, bukan? Untuk biaya skripsi saja kan sudah banyak.” JelasYaumul Marhamah, salah satu calon wisudawati jurusan Pendidikan Agama Islam.

Senada dengan Yaumul Marhamah, Umar Salim juga tidak keberatan jika baju toga hanya dipinjami. “Jika baju toga harus dibayar, hal tersebut berdasar keputusan satu angkatan saja. Namun untuk saya pribadi lebih memilih hanya dipinjami saja,”

Alasan dibalik baju toga yang hanya dipinjamkan adalah karena tahun ini tidak ada pembayaran khusus untuk wisuda. “Dulu, ada anggaran khusus pembuatan toga, dan ada pembayaran khusus wisuda. Sekarang, mahasiswa yang sudah beralih ke sistem UKT tidak ada pembayaran khusus wisuda,” ungkap Sopiah. Kesepakatan baju toga yang hanya dipinjami tersebut ternyata hasil rapat akademik institut, dan kebijakan tersebut diputuskan langsung oleh Rektor IAIN Pekalongan, Ade Dedi Rohayana.

Selain itu, melihat dari segi kemanfaataan baju toga yang dipinjamkan juga bisa menjadi menjadi barang inventaris fakultas masing-masing. Kebijakan tersebut bukan hanya untuk FTIK saja, namun berlaku untuk seluruh fakultas karena hal tersebut merupakan keputusan rektor.

Reporter: Wnd/Put

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>