Kampus, Pekalongan

Perpustakaan Umumkan Pemenang Lomba Gebyar Kreasi

Kepala perpustakaan IAIN Pekalongan sedang menyampaikan sambutan sekaligus membuka pengumuman lomba Gebyar Kreasi Perpustakaan.

lpmalmizan.com– Perpustakaan IAIN Pekalongan mengumumkan lomba yang bertajuk Gebyar Kreasi Perpustakaan tahun 2018 di lantai 3 gedung perpustakaan (27/11).


Acara ini dihadiri oleh Abdul Aziz selaku kepala perpustakaan dan segenap peserta lomba gebyar kreasi perpustakaan. Dalam sambutannya, Abdul Aziz menyampaikan bahwa diadakannya lomba perpustakaan ini adalah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan minat mahasiswa agar mau berkunjung ke perpustakaan yang merupakan jantung dari sebuah perguruan tinggi.


Adapun lomba gembar kreasi perpustakaan diantaranya ada lomba resensi buku yang dilaksanakan tanggal 17-24 Oktober, lomba ranking satu yang diselenggarakan pada 24 Oktober, dan lomba penelusuran buku yang diadakan pada 24 Oktober. Selain event lomba, yang tak kalah menarik adalah bedah buku yang telah dilaksanakan pada tanggal 13 November.
Dalam acara pengumuman gebyar kreasi ini, nilai tertinggi lomba resensi dimenangkan oleh M. Agus, mahasiswa jurusan Hukum Keluarga Islam (HKI) dengan skor 979. Disusul juara ke-2 oleh Naily Dwi mahasiswi jurusan Tadris Bahasa Inggris, dan yang ke-3 oleh Nurul Wahidah yang merupakan mahasiswi jurusan Manajemen Dakwah.


Sedangkan untuk lomba penelusuran buku, peringkat pertama diduduki oleh kelompok Gagak dengan mencatat waktu 5 menit 3 detik. Kemudian dilanjutkan oleh kelompok Humairah dengan catatan waktu 5 menit 9 detik dan peringkat ketiga oleh kelompok Rektorat mencetak waktu 5 menit 31 detik.

Adapun juara lomba rangking satu dimenangkan oleh Yoko Yulian, mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam.


Naily Dwi, selaku juara dua lomba resensi mengaku baru pertama kali menulis resensi. “Saya nggak baca keseluruhan buku. Hanya melihat daftar isi kemudian cari bab yang menarik. Habis itu saya resensi,” papar Naily.
Jumlah peserta yang mendaftar dalam tiga kategori lomba tersebut sebanyak 179 mahasiswa, yang mana 82 adalah peserta lomba resensi, 63 kelompok untuk lomba penelusuran buku, dan 34 peserta untuk lomba ranking satu.


“Gebyar kreasi ini sudah menjadi rutinitas tiap satu tahun sekali, yang diselenggarakan oleh perpustakaan IAIN Pekalongan. Jadi tahun depan bisa lebih dipersiapkan lagi,” tutur Tohirin selaku ketua pelaksana acara.

Oleh: Nina Fitriani

Komentar