Berita, Kampus, Pekalongan

Sadar Terhadap Pendidikan Seks, PIAUD Gelar Talkshow

Staf Jurusan dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) menggelar talkshow yang diselenggarakan di Auditorium IAIN Pekalongan pada Selasa (27/11).

Acara yang bertajuk “Pentingnya Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini” ini dihadiri oleh Siti Khuzaiyah yang merupakan Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesahatan (STIKES) Pekajangan dan Rodhiyanto, Praktisi PIAUD.

Menurut Indah Risqiati selaku Kepala Labs School PIAUD IAIN Pekalongan menyatakan bahwa orang tua merasa kesulitan jika akan menjelaskan kepada anak-anaknya mengenai alat kelamin manusia. Maka dari itu para panitia menyepakati untuk membahas tema tersebut.

“Akhir-akhir ini miris sekali ketika mendengar beberapa orang tua yang berkeluh kesah tentang kok anak-anak tiba-tiba ngobrolin sunat-sunatan, bertanya tentang alat kelaminnya masing-masing, nah dari itu orang tua itu kesulitan untuk menjelaskan kepada anak-anak meskipun kami di Labs School menerapkan soal itu,” ujar Indah.

Ungkapan senada dilontarkan oleh Firdaus, selaku Ketua Pelaksana acara ini. Menurutnya, pendidikan seks itu harus ditanamkan sejak dini. Selain itu, hal tersebut juga penting untuk orang tua agar bisa lebih baik dalam memberi edukasi bagi anak-anakanya.

“Zaman sekarang pendidikan seks itu penting, karena menurut saya pendidikan seks itu harus ditanamkan sejak dini. Contoh, ketika kita mendengarkan lagu yang bertemakan dewasa dan didengarkan oleh anak-anak nanti anak akan memikirkannya lebih jauh,” ucapnya yang juga merupakan Dosen Musik PIAUD.

Muharoh, mahasiswa PIAUD juga memaparkan bahwa talkshow ini penting untuk para calon pendidik anak usia dini.  Hal tersebut bisa dijadikan bekal untuk ke depannya.

“Kalau menurut saya sebagai pendidik PIAUD jelas penting soalnya bagaimana cara kita menanamkan agar seorang anak didik itu bisa menghadapi situasi yang akan dihadapi kelak ketika ia dewasa,” jelasnya.

Tak hanya itu, Fani selaku Guru TK Al-Amin Klego menyatakan bahwa acara tersebut dapat membuka edukasi bagi calon-calon guru dan menambah ilmu. Bahkan Fani berharap acara-acara seperti ini dapat berlangsung setiap tahun dengan tema yang berbeda-beda.

“Menurut saya bagus karena membuka edukasi juga calon-calon guru dan bagi saya dan teman-teman yang lain sebagai guru. Mungkin bisa dilaksanakan setiap tahun dengan tema yang berbeda untuk edukasi anak,” tuturnya.

Talkshow ini dihadiri oleh mahasiswa PIAUD IAIN Pekalongan, wali murid PIAUD Labs School IAIN Pekalongan, dan para pendidik PIAUD Kec. Pekalongan Utara. Selain itu, acara  ini juga merupakan hari kedua dari Expo PIAUD yang mana hari pertama telah digelar lomba-lomba untuk para mahasiswa PIAUD.

Komentar