Berita

Peringati Dies Natalis ke-5, PIAUD Gelar Expo

FOTO: Ana Risqiana

Guna memperingati Dies Natalis jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) ke-5, staf dan Himpunan Mahasiswa Jurusan PIAUD mengadakan PIAUD Expo pada Senin-Selasa (26-27/11) di Kampus I IAIN Pekalongan. Expo tahun ini terdapat dua rangkaian acara, talkshow dan lomba-lomba. Adapun lomba-lomba meliputi lomba cipta lagu anak, Alat Permainan Edukatif (APE), karya tulis ilmiah, tari kreasi, display kelas, serta menghias tumpeng.
Kepala Jurusan PIAUD, Siti Mumun Muniroh, menyebut untuk kali ini PIAUD mengangkat tema “Menggali Potensi Kreatif Mahasiswa PIAUD Untuk Mewujudkan Inovasi dalam Dunia Pendidikan.”

“Untuk Expo PIAUD kali ini kita fokus ke mahasiswa PIAUD untuk menggali potensi internal mahasiswa itu keluar dahulu, hingga harapannya mereka bisa go-nasional maupun go-internasional,” tutur Siti.
Siti menambahkan,  karena terkendala anggaran ada beberapa hal yang ditiadakan, seperti keinginan untuk mengadakan acara gebyar pada Dies Natalis ke-5. Ketua Pelaksana, Nur Afiyani mengungkap, guna meminimalisir anggaran, setiap kelas diwajibkan melakukan registrasi pembayaran sebesar 200 ribu rupiah sebagai persyaratan mengikuti seluruh rangkaian acara pada Expo PIAUD. “Menurut saya masalah ini tidak prinsip banget, tapi semoga besok kita dapat memaksimalkan acara. Sebenarnya tidak hanya dari HMJ, kita supporting juga dari staf jurusan. Untuk kendala insyaallah bisa diatasi,” ungkap Siti.


Dalam pemberitahuan acara Expo ke peserta, Nur menuturkan, pihaknya mendatangi setiap kelas dari jurusan PIAUD dengan memberikan sebuah petunjuk teknis (juknis) acara Expo PIAUD. “Tiga minggu sebelum acara kita datang ke setiap kelas. Kan biar persiapan untuk lomba-lombanya maksimal, tidak mepet acara,” ujar Nur Afiyani.
Hari pertama pelaksanaan Expo yang berupa perlombaan-perlombaan berjalan dengan lancar. Hal ini dituturkan oleh salah satu peserta, Nila Kamila, ia mengaku senang karena acara ini menjadikan mahasiswa PIAUD sebagai sasarannya. Nila juga berharap acara semacam ini bisa diadakan lagi di tahun depan, dan harus lebih meriah lagi. Selain Nila, Siti Mumun juga berharap lewat acara ini bisa menggali potensi mahasiswa PIAUD.

 
“Saya harap acara ini bisa betul-betul menggali potensi mahasiswa PIAUD yang awalnya mungkin sebetulnya memiliki potensi tanpa adanya satu upaya untuk menggalinya. Nah, melalui momen inilah mereka betul-betul mengeluarkan potensinya dan bisa memanfaatkan diri mereka sendiri,” pungkas Siti.(Ana/Diyanti)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>