Berita, Pekalongan

GenBI Tegal Adakan GENBIRA

GENBIRA GENBI TEGAL

Pekalongan – 27/10/18 GenBI (Generasi Baru Indonesia) adalah mahasiswa yang mendapat beasiswa langsung dari Bank Indonesia. GenBI komisariat IAIN Pekalongan kali ini mengadakan acara GENBIRA (GenBI belajar bersama).  Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda, GENBIRA mengusung tema “Bangun semangat generasi pemuda berdedikasi, salurkan ilmu, tanamkan gemar membaca“. Dalam acara ini GenBI Tegal bekerjasama dengan Bank Indonesia, mengadakan GENBIRA di 10 SD diantaranya adalah SDN 01 Krapyak Lor, SDN 01 Klego, SDN 02 Kandang Panjang, MI Sudirman, SDN 01 Limbangan, SDN 02 Pododadi, SDN Rowo Laku, MI Karang Sari, SDN Sokorejo, SDN Batang. Adapun sasaran yang dituju sesuai target yaitu kelas 5 SD. Namun pada kesempatan kali ini perwakilan pihak BI hanya berkunjung ke SDN Kandang Panjang 02.

Selain acara di Sekolah Dasar GenBI juga memberikan penyaluran 1000 buku kepada dua taman baca masyarakat yaitu di Pabean dan Panjang baru. Rencananya penyerahan buku tersebut dilaksanakan pada hari kedua yaitu 28/10.  Buku tersebut didapatkan dari donator dan gramedia yang memberikan 3 kardus buku.  Kerjasama ini didasarkan pada tujuan merealisasikan proker GenBI juga mewujudkan tujuan dari Bank Indonesia sendiri diantaranya menjaga dan merawat kestabilan nilai rupiah, menyampaikan informasi dan kebijakan-kebijakan kepada masyarakat.

 “Harapannya untuk anak-anak supaya gemar menabung, untuk GenBInya belajar organisasi dan mempersiapkan diri di dunia kerja, akan sukses kedepanya, dan untuk masyarakatnya bisa lebih dekat dan mengenal Bank Indonesi salah satunya dengan merawat dan menggunakan rupiah dengan baik,” ujar Ita Purnama Sari selaku staff perwakilan BI Tegal saat diwawancarai.

Acara ini bersifat berkelanjutan, namun untuk struktur kepanitiaanya sendiri akan  berbeda. Karena memang untuk tahun ini GenBI hanya ada dari IAIN Pekalongan, sebagai perguruan tinggi negeri di tingkat karesidenan Pekalongan. “Pengurus GenBI sangat senang karena bisa berbagi ilmu dan pengalaman agar mereka terpacu dan menjadi semangat” papar Eva Faoza selaku bendahara umum saat ditanya mengenai kegiatan GenBI.

Bukan hanya dari pengurus yang merasa senang, namun salah satu siswa pun merasa senang. “Senang karena dapat ilmu sama di kasih tahu tentang menabung dan cara merawat uang,” jelas Sholiha. Sholiha juga berharap bahwa pihak GenBI untuk berkenan datang lagi ke sekolahan dan bukan hanya satu kali.

Selain itu, GenBI juga mendapat dukungan dari pihak sekolah karena acara yang diadakan sangan bagus. “Dari pihak sekolah sangat mendukung kegiatan ini. Karena kegiatannya ini mengajarkan kebhinekaan.  Harapannya untuk dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi” tutur Fauzi guru kelas 5 SDN Kandang Panjang 02 saat kami temui disela-sela kegiatan GENBIRA.

Tak lupa, GenBI juga turut berterimakasih kepada Pak Joni Marsius selaku kepala KPw BI Tegal yang selalu menssuport kegiatan GenBI Tegal baik secara Finansial maupun non finansial. Serta pihak rektor IAIN Pekalongan yang sepenuh telah mensupport terselenggaranya acara ini.

Komentar