Resensi

Merencanakan Masa Tua Agar Memesona

Judul              : Grow Old Gracefully

Penulis            : J. Maurus

Penerbit          : Bright Publisher

Cetakan          : 22 Juli 2018

Tebal              : 144 halaman

ISBN               : 978-602-5868-01-6

            Masa tua hanyalah tahap kehidupan sebagaimana masa kanak-kanak dan remaja. Sebagaimana seorang anak mesti dipersiapkan untuk menapaki masa remajanya, orang dewasa juga harus mempersiapkan diri guna menyongsong masa kematangan berikutnya, yang kita sebut masa tua (hlm 14).

             Banyak orang yang mungkin merasa takut ketika masa tuanya tiba. Terkadang ada beberapa orang yang merasa belum siap untuk menjadi tua atau dituakan. Padahal, tua adalah keniscayaan. Usia tidaklah mungkin dapat diulang kembali sehingga usia tua senantiasa membuat manusia cemas.

            Namun, anda tidak perlu khawatir dengan masa tua anda. Buku yang berjudul Grow Old Gracefully ini sangat cocok bagi anda yang ingin mempersiapkan masa tua agar lebih memesona. Sehingga anda tidak perlu lagi merasa takut jika kelak menjadi tua atau merasa kelak dianggap tidak berguna dan merepotkan.

            Buku yang bersampul putih terbitan Bright Publisher ini menyajikan beberapa rencana yang bisa anda aktualisasikan sejak sekarang untuk menyongsong masa tua yang bahagia. Diantaranya yaitu perawatan diri yang tentunya berkaitan dengan kesehatan. Tanpa kesehatan yang baik dan prima, maka mustahil masa tua anda akan bahagia.

            Dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi, menghindari makan berlebih, tidak berlebih dalam mengonsumsi alkohol dan rokok merupakan cara merawat diri agar tidak mudah sakit dan gizi yang dibutuhkan juga tetap terpenuhi. Saran terbaik yang gampang dilakukan ialah mengonsumsi makanan-makanan biasa yang beragam, tetapi dalam porsi yang tidak berlebihan (hlm 35).

            Namun dengan menjaga pola makan saja tidak cukup untuk mempersiapkan masa tua agar hidup nyaman. Finansial menjadi kebutuhan yang primer dan tidak dapat diganggu gugat dalam kehidupan yang serba modern seperti sekarang ini. Terutama bagi anda yang gemar bekerja dari pagi hingga pagi dan akan pensiun ketika masanya tiba.

            Tak ada orang yang berhasil pensiun dengan kodisi keuangan yang aman. Pilihan terbaik ialah bersiap-siap menjalani hidup dengan pendapatan yang lebih rendah. Apabila dipikir memang perlu, kurangi pengeluaran tertentu sebelum keputusan itu diambil, pastikan segala sesuatu dikelola secara bijaksana (hlm 93).

            Jika kesehatan dan kebutuhan finansial sudah aman, maka anda hanya butuh memperindah masa tua anda. Dengan menghabiskan waktu bersama keluarga, kerabat atau tetangga, menebarkan senyuman ramah dan penuh kasih sayang kepada semua orang, serta selalu memberi apresiasi dan pengertian terutama kepada anak cucunya (hlm 135-137).

Usia lanjut bukanlah proses memusnahkan sebuah kehidupan yang setelahnya tidak akan ada lagi yang terjadi; melainkan sebuah pembuktian tentang keberadaan hidup (hlm 141). Tanpa mengesampingkan spirituality-nya, usia tua merupakan kesempatan yang luar biasa guna menyembah Tuhan, dan ini memang lebih baik menjadi tujuan utama (hlm 143).

        Buku ini recommended  bagi siapapun yang menghendaki masa tua yang bahagia dan memesona. Buku ini mengingatkan pembaca untuk selalu senantiasa bijak dalam berbuat, dan mengajak pembaca agar berpikir beberapa langkah lebih maju.

Komentar