Agenda, Berita, Kampus, Pekalongan

KP2M Beberkan Kendala Pemilwa 2018

KP2M resmi melaksanakan pemilihan mahasiswa (Pemilwa) tahap pertama periode 2018 pada Selasa lalu (29/12). Dengan memberlakukan kembali sistem yang berlaku pada tahun 2014 lalu. Karena untuk mengurangi tingkat kecurangan yang terjadi dalam pelaksanaan pemilwa.

Sistem pemilihan yang berlaku tersebut, membuat mahasiswa tidak bisa langsung menggunakan hak suaranya. Karena data data calon pemilih sudah terdaftar di dalam berkas DEwan Pemilih Tetap (DPT). Sehingga kecurangan bisa di hindari karena kecocokan antara data dan calon pemilih.

Ketua KP2M, M. Khafifudin, saat ditemui mengatakan kendala kendala yang terjadi adanya peristiwa hilangnya kartu pemilih atau ketinggalan. Untuk yang seperti itu, pihak KP2M tidak langsung memberikan surat suara pada calon pemilih tersebut. Tetapi mengecak kembali pada absensi pendaf taran pilih tetap yang ada di bagian depan pintu samping. Bila ada maka barulah di berikan surat suara kepada DPT.

Selain itu, kendala yang di hadapi KP2M adalah persiapan menjalang pemilwa. Karena harus menyempatkan diri membuat kartu pemilih yang menyartakn stempel dan tanda tangan. Perlu di ketahui, hal itu dilakukan untuk menandakan bahwa mereka memang resmi menjadi DPT dalam pemilwa.

Demi suksesnya pemilwa KP2M bekerja sama dengan Panwaslu yang bertugas “mengawasi, menjaga, dan menertibkan jalannya pemilwa. Lebih dari satu mahasiswa perlu di ingatkan saat memasukkan surat suara di kotak suara. Sehingga butuh tenaga lebih untuk sekadar mengingatkannya, walaupun keteran tertulis sudah tersedia”, tutur Lafiniyah, ketua P4M.

Maka dengan adanya pemilwa dan sistem yang berjalan di harapkan mahasiswa secara efektif menggunakan hak suara. Terlebih pihak lembaga pemilwa sudah memberlakukan sistem yang baik demi tidak terjadi kecurangan dalam pemilwa.

Saiful Ibad  | M.  Arsyad  | Mucharom Syifa

 

Pantauan Hasil Pemilwa Tahap Pertama :

Perolehan suara SEMA FTIK :

Fordem : 287
PSMS : 16
KITA : 12
PPMBS : 19
Masiver : 46
DPMI : 51
Performa : 3

Perolehan suara SEMA FEBI :

Fordem : 119
PSMS : 22
KITA : 5
PPMBS : 2
Masiver : 11
DPMI : 5
Performa : 28

Perolehan suara SEMA FASYA :

Fordem : 113
PSMS : 1
KITA : 0
PPMBS : 4
Masiver : 11
DPMI : 21
Performa : 3

Perolehan suara SEMA FUAD :

Fordem : 71
PSMS : 1
KITA : 6
PPMBS : 4
Masiver : 1
DPMI : 38
Performa : 1

Perolehan suara SEMA INSTITUT :
Total suara -> 923 suara

FORDEM : 589
PSMS : 40
KITA : 70
PPMBS : 46
MASIVER : 38
DPMI : 82
PERFORMA : 40

Rusak : 12
Blangko : 6

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>