Agenda, Berita, Kampus, Pekalongan

Gempa Guncang Pekalongan Malam Ini

Pekalongan, lpmalmizan.com  – Pekalongan diguncang gempa pada malam ini sekitar pukul 23.48 WIB. Gempa dirasakan warga, terlebih lagi yang berada di bangunan yang menjulang ke atas. 

Gempa yang dirasakan pada Jumat (15/12/2017) pukul 23.48 WIB di wilayah Pekalongan cukup lama. Sejumlah warga merasakan gempa selama 1-2 menit.

“Gempa kencang banget, sampai goyang semua, sampai bak kamar mandi muncrat,” ujar Zumrotin, warga Krapyak, Pekalongan kepada lpmalmizan.com.

Zumrotin, yang tinggal di perumahan Limas di Krapyak, Pekalongan, mengatakan banyak warga yang keluar dari rumah karena merasakan guncangan yang cukup kencang. “Diantara itu anak-anak ada yang menangis,” tambahnya. Ia pun menjelaskan ada yang sampai duduk di jalanan, karena merasakan pusing yang hebat akibat gempa ini.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, gempa bumi terjadi di Sukabumi, Jawa Barat pada pukul 23.47 WIB dengan magnitudo 7.3 SR. Gempa bumi ini, seperti disampaikan @infohumasbmkg via Twitter ini berpotensi terjadi Tsunami. Pukul 23.55, guncangan berhenti.

Selain Pekalongan, guncangan terasa hingga Jakarta, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Tengah. Saat kejadian ini, BMKG mengaktifkan potensi terjadi Tsunami di beberapa wilayah, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Tengah. Ini diantaranya, Ciamis dan Tasikmalaya (Siaga), Bantul, Kulon Progo, Garut, Cianjur Sindangbarang, Sukabumi Ujung-Genteng, Cilacap dan Kebumen (Waspada).

Salah satu yang berhasil diperoleh ini adalah dokumentasi foto sejumlah warga di Semarang yang tengah berusaha menyelamatkan diri.

Suasana saat gempa bumi terjadi di Semarang. Foto: Khusnul Kowim

Fatoni Prabowo Habibi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>