Agenda, Berita, Kampus, Pekalongan

Surat Cinta Panitia Kepada Peserta Lomba Esai Tingkat Nasional “Islam dan Nasionalisme” LPM Al-Mizan 2017

Kepada Para Peserta Lomba Esai Mahasiswa D3 dan S1 “Islam dan Nasionalisme” yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan IAIN Pekalongan Tahun 2017.

Hingga 10 Desember 2017 Pukul 10.00 telah kami terima sebanyak 94 naskah esai. Namun, entah kami yang baru pertama kali menyelenggarakan secara nasional lalu itu berpengaruh atau anda peserta yang baru mencoba mengirimkan naskah di lomba tingkat nasional. Baiklah, tak masalah itu semua bagian dari proses pembelajaran kita. Oleh karena itu, kami sebelumnya memohon maaf atas informasi yang belum/kurang tersampaikan dalam poster ataupun uraian informasi lengkapnya.

Dan demi perbaikan kualitas bersama juga penerbitan kelak antologi esai 20 besar terkoordinasi dengan baik dan mudah mengolahnya. Maka, kami sarankan bagi kawan-kawan silakan bisa ditelaah kembali naskah esai untuk sesuai dengan syarat dan ketentuan yang belum lengkap atau kurang sesuai, seperti

1. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) atau dapat digantikan Surat Keterangan Mahasiswa Aktif (format: pdf, jpeg/jpg)

2. Pas Foto (format: jpeg/jpg)

3. Identitas diri berupa narasi disertai nomor kontak yang bisa dihubungi (format: doc/docx)

4. Naskah Esai (format: doc/docx)

5. Naskah menggunakan kutipan footnote.

Baik, semoga kelima poin diatas bisa dipahami dan segera dikirimkan kembali bagi yang belum sesuai. Dan abaikan bagi yang sudah sesuai. Silakan bisa ditelaah ulang.

Sebagai masukan dan curhatan sekumpulan panitia, kami ingin menyampaikan juga,

1. Penulisan pada poin subject email berupa “Judul Naskah_Nama_Universitas_Jurusan” masih banyak diabaikan, sehingga kami cukup kesulitan perlu mengunduh dan melihat KTM anda.

2. Masih banyak pula yang menyatukan semua persyaratan administrasi: KTM, pas foto dan identitas diri berupa narasi. Ini tentu akan menyulitkan saat naskah anda lolos dan akan diolah dalam editing visual. Pas foto tidak bisa disalin lalu diletakkan dalam aplikasi editing visual. Oleh karena itu, harus dipisahkan masing masing persyaratan tersebut.

3. Masih kita temukan pula, karya yang ditulis di badan email, bukan di attachment/ lampiran. Tentu ini mengakibatkan kerja dua kali.

4. Banyak pula naskah yang judul dokumen ditulis serampangan, seperti esai lpm almizan, lomba esai, dan sebagainya dan itu tidak merepresentasikan isi yang bersifat unik dan personal. Tentu saja, sebaiknya Judul Naskah sesuai yang diinginkan penulis, bukan secara serampangan tersebut.

5. Disamping itu, banyak bertebaran footnote yang penggunaannya kurang rapi dan sesuai. Ada pula yang bahkan tidak menggunakan footnote dan tanpa daftar pustaka juga.

6. Kami temukan pula, naskah yang cenderung ilmiah dan digunakan untuk jurnal dengan footnote ada yang memenuhi satu halaman.

7. Sebaiknya pula, disamping seluruh persyaratan dan naskah dilampirkan, sertakan pula kata pengantar. Kami berikan contoh kurang lebih begini, bunyinya:

Salam Sejahtera

Yth.

Dewan Juri

Di Tempat
Bersama ini saya mengantarkan naskah esai saya.
Nama:

Judul Esai:

Asal: Mahasiswa IAIN Pekalongan Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

No HP ~
Dengan ini pula saya menyatakan karya saya ini asli karya saya (bukan plagiat) dan belum pernah dimuat di mana pun. Terima kasih atas perhatiannya, semoga berkenan dan senang sekali bila tulisan saya ini bisa dimuat dan dibukukan di Lomba ~, sekali lagi terima kasih. Salam sejahtera.

8. Bila perlu ada lembar pernyataan keaslian karya, kedepan kami berencana akan menggunakan ini.
Begitulah sedikit gerundelan yang kami rasakan selama menampung puluhan naskah dan disertai pertanyaan yang bertubi-tubi. Harap maklum dan mohon kerja samanya.

9. Termasuk kami menerima pertanyaan yang kami ‘rasa’ itu sudah tersampaikan, seperti persoalan gratis atau berbayar, syarat dan ketentuan, meski soal margin memang tidak kami patok, sebagai manusia akademik yang sudah sering berkutat kita bisa gunakan margin 4-3-3-3 yang familiar itu.

10. Dan peringatan ini berlaku bagi seluruh peserta yang belum melengkapi persyaratan administrasi dan untuk penerimaan karya “TETAP” pada 10 Desember 2017 Pukul 17.00 WIB.

Terkait Deadline Pengumpulan persyaratan administrasi untuk dilengkapi hingga hari Senin 11 Desember 2017 Pukul 23.59 WIB. Harap ditelaah ulang dan kemudian bisa dikirimkan kembali dengan Subject (Revisi) Nama = Asal Kampus, Fakultas, Jurusan.

Terimakasih.

Best Regards,
Panitia Lomba Esai “Islam dan Nasionalisme” diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan IAIN Pekalongan Tahun 2017.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>