Agenda, Berita, Kampus, Pekalongan

Begini Proses Visitasi Akreditasi Jurusan HES

Erina Pane, salah seorang tim asesor BAN-PT menerima berkas dalam Prosesi Penyerahan Borang Akreditasi dari Kepala Jurusan HES Mohammad Fateh, M.Ag. Foto: Ana/LPM Al-Mizan

Visitasi akreditasi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES) di IAIN Pekalongan berlangsung lancar. Visitasi akreditasi tersebut mulai dilaksanakan pada pagi hari Senin (20/11) lalu di gedung B kampus 1 IAIN Pekalongan dan akan berakhir besok pada tanggal 21 November 2017 dengan asesor Prof. Dr. Susiknan Azhari, M.A (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dan Dr. Erina Pane, S.H, M.Hum (UIN Raden Intan Lampung) dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) yang merupakan satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan serta menyebarluaskan “Paradigma baru dalam pengelolaan pendidikan tinggi” dan meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efisiensi, dan keberlanjutan pendidikan tinggi.

Acara ini dimulai pada pukul 08.00 WIB yang dibuka oleh Drs. Moh. Muslih, Ph.D selaku Wakil Rektor III IAIN Pekalongan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat datang kepada para asesor serta mengucap syukur karena pada hari ini cuaca begitu mendukung. Dalam acara ini juga lengkap dihadiri oleh para dosen, dekan, kajur, staf, maupun perwakilan dari mahasiswa.

“Akreditasi itu kan penilaian yang persiapannya sudah sejak lama, sejak jurusan HES itu ada. Namun ketika akan melanjutkan akreditasi tersebut, apa yang sudah dilakukan selama ini dicatat dan mengumpulkan bukti-bukti seperti dokumen-dokumen tentang apa yang sudah dilaksanakan,” kata Dr. H. Akhmad Jalaludin M.A (Dekan Fakultas Syariah) saat ditemui kru lpmalmizan.com didepan ruang akreditasi.

“Persiapan akreditasi ini sudah sejak sebelum berganti status menjadi IAIN dan  telah berganti-ganti team,” ujar H. Moh. Fateh, M.Ag (Kajur Hukum Ekonomi Syariah). “Tujuannya melihat apa yang sudah kita lakukan itu sudah sesuai atau belum. Mulai dari visi dan misi, aplikasi, pengelolaan mahasiswa, persiapan alumni, user, pengarahan kompetensi mahasiswa, dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Suasana Akreditasi Jurusan HES di Ruang Sidang Lantai 3 Gedung Rektorat, Senin (20/11) lalu. Foto: Ana/LPM Al-Mizan.

Tentunya dalam pelaksanaan acara ini tak luput dari kendala seperti kinerja team, dan lain sebagainya. Akan tetapi itu bukan sebuah kendala yang berarti. “Harapannya semoga apa yang kita usahakan bersama itu menghasilkan sebuah hasil yang terbaik diantara yang terbaik,” ucap Dyah Syifa, wakil ketua HMJ HES 2017.

Penulis : Ana Fitra Rozmy

Editor : Fatoni Prabowo Habibi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>