Agenda, Berita, Kampus, Pekalongan

IAIN Pekalongan Jalin Kemitraan dengan AWKUM Pakistan

Sesi foto setelah penandatanganan MoU antara IAIN Pekalongan dan Abdul Wali Khan University Mardan (AWKUM) Pakistan. Dok. Istimewa/Arini Sabrina/LPM Al-Mizan.

Dalam rangka menyongsong menjadi Perguruan Tinggi yang terkemuka dan kompetitif di tingkat nasional pada tahun 2036, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan melakukan berbagai terobosan. Baru-baru ini, IAIN Pekalongan telah menjalin kerja sama resmi dengan satu universitas diluar negeri yaitu Abdul Wali Khan University Mardan (AWKUM) Pakistan.

Kesepakatan kerja sama antara IAIN Pekalongan dengan AWKUM Pakistan tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh masing-masing pimpinan Universitas.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Wakil Rektor I IAIN Pekalongan Dr. H. Muhlisin, M.Ag dan Direktur Pascasarjana IAIN Pekalongan Dr. Makrum, M.Ag pada  Kamis, 16 November 2017 di Ballroom Hotel Sahid Mandarin Pekalongan. Adapun dari pihak AWKUM Pakistan ditandatangani oleh Dr. Amir Zaman dan Dr. Qadar.

Ada pula Prof. Dr. Azyumardi Azra dari UIN Jakarta, Prof. Dr. Mahdi Alwan dari University of Az Zaituna Libya dan Dr. Bill Atweh, Adjunct Professor Curtin University Australia yang turut menghadiri acara tersebut.

Direktur Pascasarjana IAIN Pekalongan, Dr. Makrum,M.Ag yang juga sebagai ketua pelaksana 4th International Conference on Computational & Social Sciences (ICCSS) mengatakan bahwa penandatanganan kerjasama ini diharapkan dapat menguntungkan kedua belah pihak. Adapun ekspektasi yang diharapkan kedepanya yaitu adanya student exchange program (Program Pertukaran Pelajar) antara IAIN Pekalongan dengan AWKUM Pakistan dan adanya Scholarship (beasiswa) melanjutkan S2 bagi mahasiswa IAIN Pekalongan yang memang memiliki pemahaman ilmu yang baik dan tentunya juga berpotensi.

“AWKUM Pakistan ini merupakan Perguruan Tinggi muda yang berdiri pada tahun 2009, namun sudah memiliki 14 ribu mahasiswa dan AWKUM ini merupakan universitas terbaik ke empat di seluruh Pakistan. Jadi terhitung bagus sekali,” ujar Makrum saat menyampaikan alasan menggandeng AWKUM Pakistan.

Menurut Makrum, kerjasama ini lebih difokuskan pada bidang pendidikan dan penelitian khusunya bagi mahasiswa. Jadi, tidak menutup kemungkinan mahasiswa S1 maupun S2 bisa mendapatkan kesempatan belajar di AWKUM Pakistan.

“Tidak hanya itu, IAIN Pekalongan juga setelah ini berencana untuk menjalin kerjasama dengan UIN Mataram dan juga Malaysia. Jadi, ekspansi kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi baik didalam maupun luar negeri ini merupakan upaya IAIN Pekalongan dalam mencapai Visi dan Misinya,” pungkas Makrum.

Reporter : Arini Sabrina
Editor : Fatoni Prabowo Habibi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>