Berita, Kampus, Pekalongan

Forum KLIK Ormawa Jelang PBAK

Suasana saat gempa bumi terjadi di Semarang. Foto/ Khusnul Kowim

IAIN Pekalongan, lpmalmizan.com – Jelang Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2017, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) lewat Panitia Organizing Commite (OC) mengundang perwakilan organisasi mahasiswa (ormawa) se-IAIN Pekalongan, untuk menyosialisasikan acara yang terdapat dalam rentang 6 hari di PBAK serta menerima berbagai masukan yang ada. Seperti apa?

Dalam matriks acara yang diterima tiap lembaga, ormawa terlibat di beberapa acara, seperti Anjangsana, Persembahan Lembaga Intra Kampus, Daftar Stand, Lomba, dan Malam Inagurasi.

Najibul Ulum, Ketua OC PBAK 2017, memaparkan dalam persembahan Lembaga Intra Kampus, ada tiga hal yaitu parade, sosialisasi, dan penampilan. “Parade dialokasikan 15 menit, waktu sosialisasi 8 menit dengan ketentuan tiap lembaga pengurus berjumlah 5 orang,” ujarnya disela-sela Forum. Konsep dari parade sendiri, semua ormawa bersama-sama melakukan parade. Ini amat berbeda ketimbang tahun sebelumnya, menampilkan parade dan sosialisasi dalam satu paket bagi tiap organisasi.

“Kami himbau juga kepada seluruh lembaga untuk mengikuti gladi bersih jam 5 sore pada tanggal 14 Agustus,” sebut Najibul. Terkait penampilan ormawa, secara keseluruhan ada sisa waktu 45 menit. Ia menyatakan setiap ormawa bisa konfirmasi lebih lanjut untuk menampilkan pada rangkaian acara tersebut. “Kami tunggu sampai hari senin,” ucapnya.

Lebih lanjut, mengenai stand pendaftaran tiap lembaga dapat mendaftarkan diri pada tanggal 14 Agustus 2017, pada pukul 08.00-10.30 WIB. “Untuk menghindari kekacauan dan bentuk legal dari DEMA, setiap lembaga bisa menuliskan lokasi berikut keterangan dengan bukti stempel DEMA, seperti tahun sebelumnya. Cap stempel bisa diperoleh di Auditorium sebelah utara,” tukas Najibul.

Ada rekomendasi lomba dari pihak kampus, antara lain kaligrafi, puisi, pop islami, qiro’ah, wall climbing, LKTI, dengan tema tagline IAIN Pekalongan. Selanjutnya ada lomba pidato bahasa Arab dan bahasa Inggris, serta khotbah bertema kebangsaan. “Ini hanya rekomendasi dari kampus, bila diluar itu ada lomba yang diinginkan atau dipersiapkan masing-masing lembaga tetap bisa dilaksanakan,” imbuh Najibul.

Beberapa waktu kemudian, Ali Tirmidzi, perwakilan Sie Acara kepanitiaan PBAK menjelaskan berkenaan anjangsana. “Sifatnya bergiliran, ada yang di kampus I, kampus II, dan Graha Mahasiswa. Dengan demikian durasi 1,5 jam dapat diartikan durasi tiap lokasi 50 menit,” jelasnya. “Panitia mengharapkan juga yang terbiasa parkir di Graha bisa dipindahkan ke kampus 2, demi kenyamanan menyambut mahasiswa baru,” ujar Ali.

Pada saat Fakultasku dan DEMA Fakultas, telah ditentukan dengan penempatan, FTIK di lapangan futsal, FEBI di Auditorium. Namun, untuk kedua fakultas belum pasti lokasinya. Sementara FUAD dan Fakultas Syari’ah berurutan berada di samping kantin tepatnya area parkiran berkanopi di Kampus I dan Gedung Pascasarjana. Lalu, ada persebaran yang lain untuk Jurusanku dan HMJku. Bagi jurusan yang belum ada pengurus, seperti Tadris Matematika, Tadris Bahasa Inggris, Manajemen Dakwah, dan Hukum Tata Negara, diharapkan tiap DEMA Fakultas bisa menaungi pada acara tersebut.

Muncul pertanyaan berikutnya, mengenai pengisi acara yang seringkali oleh Dekan dan Kajur, bagaimana komunikasi kepada mereka? Terkait ini Sekretaris OC telah mempersiapkan surat yang kemudian diberikan oleh tiap lembaga yang bersangkutan kepada pembina atau pimpinan Fakultas dan Jurusan masing-masing. “Senin ditargetkan akan diberikan,” ucap Ali.

Usulan berikutnya datang dari UKM Seni Musik El-Fata, Sholeh mengatakan untuk menyeimbangkan jurusanku dan hmjku yang sudah diberikan porsi waktu banyak. DEMA Fakultas dan tiap Jurusan cukup parade saja. “Ini supaya UKM/UKK bisa memaksimalkan waktu yang ada untuk menunjukkan eksistensinya,” ungkapnya.

Komandan Resimen Mahasiswa (Menwa) juga mengusulkan pada saat parade, setiap lembaga bisa membawa bendera merah putih dan bendera tiap lembaga. “Sebab sedang bau-bau kemerdekaan ini bulannya,” ujarnya diikuti gelak tawa seisi ruangan.

Pertanyaan yang kemudian muncul di benak kru lpmalmizan.com yang hadir, kenapa tidak diperbolehkan memungut iuran pada saat di stand pendaftaran tanggal 16 Agustus 2017? Ketua OC, Najibul Ulum mengatakan itu berlaku hanya untuk DEMA Fakultas dan HMJ. “Sebab secara otomatis mereka mahasiswa baru sesungguhnya sudah menjadi anggota di tiap fakultas maupun jurusan. Namun, berbeda dengan UKM dan UKK. Masih diperbolehkan, tentu saja karena ini menyangkut kemampuan, hobi dan minat seseorang yang bisa dipilih sesuai keinginan sendiri,” jelas Najibul.

Rizka Aprilliana

Berikut ini Matriks Acara Selama PBAK berlangsung:

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>