Agenda, Berita, Kampus, Pekalongan

Mahasiswa KKN Berdayakan Masyarakat Lewat Bisnis Online

Dok. Istimewa Pokja Simbang Wetan

Simbang Wetan – Mahasiswa KKN Ke-42 IAIN Pekalongan di desa Simbang Wetan, kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan, menggelar pelatihan Bisnis Online dan Handicraft, Jum’at lalu (21/7). Pelatihan itu didorong oleh semangat para warga yang ingin memanfaatkan internet untuk kemajuan produk dan desanya.

Koordinator KKN, Abdul Muhyi, mengatakan dalam bisnis online membahas bagaimana mengoptimalkan Facebook sebagai marketing. Sementara Handicraft, diharapkan bisa meminimalisir yang terbuang dari batik, seperti kain perca.

Dalam materi Bisnis Online, Riyan, pelaku bisnis dan mantan Ketua Umum KOPMA IAIN Pekalongan, menyebutkan ada empat langkah jitu untuk memajukan bisnis kita. Antara lain, melakukan riset, membuat email, membuat Facebook, dan melakukan optimasi.

Riset dalam bisnis bisa dilakukan melalui salah satu produk google, yaitu Google Adwords. “Masukkan kata kunci yang sesuai dengan produk kita. Ubah lokasi dan bahasa. Lalu masukkan code dan kata kunci,” ujar Riyan disela-sela pelatihan.

Pada saat membuat email dan Facebook, lakukan sign up dan isi sesuai petunjuk yang ada. Sedangkan optimasi, dilakukan dengan membuat halaman serta grup Facebook dan aplikasi catatan dalam Facebook.

“Buatlah nama halaman dan grup sesuai riset yang telah dilakukan. Carilah di pencarian hal-hal yang berhubungan dengan produk dan jasa kita. Misal berjualan bed cover, biasanya yang membeli pengantin baru,” imbuh Riyan yang juga mahasiswa IAIN Pekalongan.

“Setelah menemukan banyak status, maka mulailah dengan mengiklankan produk kita dengan mengirim message atau meng-add orang tersebut. Selanjutnya kita bisa bergabung di grup yang berhubungan dengan produk kita dan memasarkannya,” tuturnya saat ditemui kru lpmalmizan.com. []

Fatoni Prabowo Habibi

Komentar