Agenda, Berita, Kampus

Undangan Menulis untuk Pembuatan Antologi Buku Putih Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan IAIN Pekalongan

Titik Balik Perjuangan Pers Mahasiswa adalah sebuah karya antologi buku putih yang akan menceritakan sekelumit kisah pers mahasiswa dari berbagai sudut pandang.

Pers mahasiswa dalam catatan perjalannya mengalami pola hidup yang beragam. Menjadikan ia hidup dan ada sampai saat ini. Banyak artikel dan kajian soal pers mahasiswa ditulis. Mulai dari mereka yang bicara peran pers mahasiswa, pola kaderisasi, strategi menghadapi kekuasaan, independensi, politik redaksi, ideologi, hingga hal personal para pegiatnya.

Beragam sudut pandang itu tentu lahir dari semangat zaman yang berbeda. Kami yakin tiap lapis zaman mempunyai cara dan tingkah laku yang berbeda.

Titik Balik Perjuangan Pers Mahasiswa adalah sebuah karya antologi buku putih yang akan menceritakan sekelumit kisah pers mahasiswa dari berbagai sudut pandang. Banyak kalangan memandang pers mahasiswa era kini semakin bias posisi dan peran kian dipertanyakan. Apakah akan menjadi organisasi yang hanya mengutamakan skill jurnalistik, akan menjelma menjadi organisasi gerakan dengan tetap memang teguh idealismenya ataukah lebih memilih bermetamorfosa mengandalkan kegiatan/event rutin yang seolah menandakan event organizer saja.

Maka kemunculan antologi ini akan menjadi pandangan baru pers mahasiswa dalam memilih jalannya. Tema Titik Balik Perjuangan Pers Mahasiswa dipilih karena kami yakin pers mahasiswa akan terus berkembang di setiap zamannya. Selain itu hal yang juga tidak kalah penting adalah, titik balik ini bisa jadi batu loncatan untuk merefleksikan langkah-langkah pers mahasswa dari masa ke masa. Berharap akan muncul cahaya baru yang dapat memberikan pencerahan akan masa depan pers mahasiswa kelak.

MEKANISME PENYUSUNAN BUKU

Penjaringan tulisan akan dilakukan dengan melihat tulisan-tulisan yang dimiliki Pimpinan Umum maupun Pimpinan Redaksi di setiap generasi dalam sebuah antologi. Bilamana ada potensi tulisan selain dari para pemegang pimpinan, itu pastinya akan lebih baik.

Adapun untuk pembiayaan dalam produksi antologi buku putih ini sepenuhnya dari dana Keredaksian LPM Al-Mizan. Maka LPM Al-Mizan memiliki hak publikasi karya dan hak cipta karya tetap ada pada kontributor.

WAKTU

  1. Pengiriman Naskah tulisan : 1 – 29 Mei 2017
  2. Proses Editing tulisan : 29 Mei – 12 Juni 2017
  3. Proses Editing pra-cetak : 12 – 30 Juni 2017
  4. Proses percetakan : 1 Juli – 31 Juli 2017
  5. Launching dalam rangkaian Al-Mizan Fest : September 2017

KETENTUAN TEKNIS

  1. Tulisan berangkat dari hal-hal sederhana yang dialami atau riset yang dilakukan penulis. Tulisan juga dapat berupa tentang struktur kepengurusan, program kerja, realisasinya, peristiwa penting, teman-teman yang bisa mengingatkan gairah masa lalu, dan sebagainya.
  2. Panjang naskah minimal 1.000 kata atau lebih.
  3. Naskah diketik menggunakan Times New Roman, ukuran font 12, spasi 1,5.
  4. Naskah dikirim selambat-lambatnya pada tanggal 30 Mei 2017.
  5. Naskah dikirim ke alamat redaksialmizan18@gmail.com.
  6. Subjek email ditulis “Antologi Buku Putih PERSMA

Narahubung:

WA/SMS 0815-4283-8738 (Fatoni Prabowo Habibi) PIN : D25515B0 (note: terakhir itu nol bukan ‘o’)

SMS 0815-6797-8013 (Raudhatul Janah) PIN : 5A875866

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>