Berita, Pekalongan

Kesadaran Menjaga Lingkungan Masihlah Sangat Rendah

Jpeg

Hari minggu, hari di mana semua orang beristirahat setalah sepekan menjalani rutinitas aktivitas yang dijalani.  Banyak yang menghabiskan akhir pekannya dengan berbagai macam hal, ada yang mungkin tidur seharian, berolah raga dan masih banyak lagi.

Salah satu kegiatan yang paling di senangi oleh masyarakat kabupaten Pekalongan adalah mendatangi car free day (CFD) yang selalu dilaksanakan di alun-alun Kajen Kabupaten Pekalongan setiap minggunya. Berbagai macam aktivitas di CFD ini di antaranya ada yang jogging,  hanya melihat-lihat keramaian, dan juga ada yang ikut senam yang biasa dilakukan di area parkir depan pendopo Kajen.

Tempat sampah disekitar alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan/FOTO: Yusuf Mantoro

Keramaian yang ada sejak pagi hari semakin bertambah seiring berjalannya waktu.  Namun,  dengan demikian beberapa kegitan yang ada juga selesai. Salah satunya senam yang berada di area parkir depan pendopo Kajen, tepat pukul 7.30 WIB telah rampung senam tersebut dan para peserta senam silih berganti meninggalkan area parkir tersebut.

Tak ada yang menarik setelah senam selesai,  namun ternyata nampak jelas setelah semua pergi ada sampah yang cukup mengganggu. Setelah dilihat ternyata bukan hanya di lingkungan area parkir depan pendopo saja namun di sekitar taman yang ada di depannya pun sama, botol air mineral yang ditinggal begitu saja, bungkus jajanan ringan yang dibiarkan di samping pohon dan masih banyak lagi. Padahal jelas sekali ada beberapa tempat sampah yang sudah disediakan di sekitar lokasi tersebut.

Sungguh ironi kesadaran masyarakat sekarang ini, lingkungan yang mereka gunakan untuk kepentingan diri sendiri malah tidak dihargai dengan membuang sampah sembarangan.

Sampah disekitar alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan/FOTO: Yusuf Mantoro

Apakah akan terus seperti ini? Tentu harapannya tidak.

Bisa dirubah sedini mungkin, yaitu dengan jangan takut untuk mengingatkan orang lain membuang sampah pada tempatnya, ketika ada sampah di depan kita, ambil dan langsung buang ke tempat sampah terdekat,  serta janganlah kita hanya bisa menyalahkan orang lain.  Karena,  lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama.

Kesadaran untuk menjaga lingkungan ya hanya kita yang bisa menjaganya. Kalau bukan kita lalu siapa?  Kalau bukan sekarang mau kapan lagi?  Yuk jaga lingkungan kita bersama agar kita bisa nikmati anugerah yang Tuhan berikan dengan sebaik-baiknya.  []

Penulis : Yusuf Mantoro

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>