Artikel, Unek-Unek

Pemimpin Itu (Seperti) Apa?

Banyak orang yang ingin menjadi seorang leader, tapi hanya berdasarkan pada tujuan pribadi dan golongannya saja, dan bukan dengan tujuan untuk kepentingan serta kebaikan bersama. Tapi jangan khawatir, terkait dengan seorang pemimpin, ternyata masih banyak juga yang ingin menjadi pemimpin murni karena untuk kepentingan bersama. Banyak sekali yang ingin tahu dan bertanya tentang pemimpin ideal itu seperti apa serta bagaimana caranya. Namun, sesempurna atau idealnya seorang pemimpin, mereka tetaplah seorang manusia biasa yang tak luput dari kesalahan dan lupa.

Berkaitan dengan pemimpin, Muhammad Burhan,  salah satu dosen di IAIN Pekalongan mencoba menjelaskan tentang hal ini. Bahwa seorang pemimpin itu dialah yang bisa 3 hal yaitu, knows the way.., shows the way.., …and goes the way. Kali ini penulis menjelaskan tentang ke-tiga hal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin tersebut.

Knows the way..

Knows the way.. berarti tahu jalan. Maksudnya, seorang pemimpin adalah dia yang mengetahui berbagai macam cara dalam menangani  berbagai macam kondisi dan situasi. Sebagai contoh ketika dalam sebuah organisasi terdapat sebuah masalah idealnya seorang pemimpin dia harus tahu bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut. Jadi seorang leader harus tahu bagaimana cara yang terbaik untuk dirinya maupun anggotanya dalam menyelesaikan masalah.

Shows the way..

            Shows the way.. berarti menunjukkan jalan. Bukan hanya tahu jalan apa yang harus dilalui, seorang pemimpin juga harus menunjukkan jalan. Setelah tahu jalan apa yang terbaik untuk orang lain maupun dirinya, seorang pemimpin harus tunjukkan jalan yang dia ketahui itu, jadi tidak hanya diketahui sendiri saja oleh pemimpin tersebut. Contohnya ketika seorang anggota mengalami kesulitan dalam mengerjakan proposal dan seorang pemimpin tahu cara membuat proposal itu seperti apa, sudah menjadi tanggung jawabnya untuk menunjukkan caranya bagaimana membuat proposal yang baik dan benar.

.. and goes the way

            ..goes the way berarti pergi atau lakukan jalannya. Hal terpenting di dalam diri seorang pemimpin harus bisa melakukan dan menjalankan tugasnya dengan baik. Bukan berarti hanya seorang pemimpin saja yang bisa melakukannya, melainkan bekerjasama dan melakukan hal apapun bersama anggotanya. Jadi pemimpin yang baik adalah bisa melakukan segala hal kepentingan yang ada bersama para anggotanya. Tidak hanya memeberikan instruksi atau perintah saja, tapi juga turut andil mengawasi dan mengoreksi semua pekerjaan anggotanya.

Pada hakikatnya kita sebagai manusia terlahir ke dunia ini adalah sebagai seorang pemimpin, bukan hanya menjadi pemimpin untuk orang lain tapi minimal kita mampu memimpin diri kita sendiri. Buktinya apa? Bukti bahwa kita adalah seorang pemimpin adalah kita telah berhasil mengalahkan ribuan sel lain ketika kita belum terlahir ke dunia ini dan kita bisa membuktikannya asal kita mau dan terus berusaha yang terbaik. Serta, “seorang pemimpin hadir sebagai pemberi solusi bukan, janji..” pesan Pak Burhan ketika menyampaikan materinya di acara Leadership Training Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mizan IAIN Pekalongan beberapa waktu lalu. Dari ketiga hal di atas dapatlah kita tarik kesimpulan a leader is one who can knows, shows, and goes the way to get the main of one organization artinya, seorang pemimpin adalah seseorang yang dapat mengetahui, menunjukkan dan menjalankan jalan untuk mendapatkan tujuan dari sebuah organisasi.

Penulis : Yusuf Mantoro

3 Comments

  1. 1

    Bagus kali lah… kalau boleh kasih saran perbanyak membaca agar diksi semakin berlimpah, dan belajar terus… Semangat !

  2. 2

    Bagus kali lah… kalau boleh kasih saran perbanyak membaca agar diksi semakin berlimpah, dan belajar terus… Semangat !

  3. 3

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>